PENGEMBANGAN MEDIA D’SMART VENN PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP

Authors

  • Nimas Syahirah Akhmad Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Hanim Faizah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1464

Keywords:

media pembelajaran, D’Smart Venn, materi himpunan, research and development.

Abstract

Selama proses pembelajaran matematika, siswa membutuhkan media yang dirancang untuk mempermudah siswa dalam memahami materi himpunan serta penggunaan diagram venn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan dan kelayakan media pembelajaran D’Smart Venn pada materi himpunan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4D menurut Thiagarajan (1974). Model pengembangan 4D terdiri dari 4 tahap, yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Disseminate). Tahap disseminate tidak dilaksanakan pada penelitian ini dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Berdasarkan hasil pengembangan dan penelitian yang dilakukan, didapati bahwa media pembelajaran matematika D’Smart Venn memperoleh persentase kevalidan sebesar 84,36% yang termasuk dalam kriteria cukup valid. Hasil angket yang diperoleh pada saat pengambilan data menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika D’Smart Venn termasuk kategori praktis dengan persentase sebesar 86,3%. Uji coba terbatas dilakukan pada 20 siswa yang memiliki kemampuan matematis tinggi dan sedang, ditinjau dari nilai ulangan harian telah mencapai KKM. 18 siswa aktif saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan data tes hasil belajar dan keaktifan siswa, hasil keefektifan media pembelajaran D`Smart Venn memperoleh persentase 82,6% yang artinya efektif karena mencapai kriteria minimum yaitu 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfiyanti, D., Irawan, E. B., & Purwanto. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Himpunan Melalui Mind Mapping Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 799–805.

Ariska, M. D., Darmadi, D., & Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggnakan Adobe Flash Berbasis Metakognisi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 83–97. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4622

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Murtafiah, W., Namiroh, S., Darmadi, D., Krisdiana, I., & Masfingatin, T. (2020). Mavendi (Magnetic Venn Diagram): Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Di Era Normal Baru. Sigma, 6(1), 1. https://doi.org/10.36513/sigma.v6i2.874

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Prayitno, S. H., & Faizah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 317. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5935

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI?: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448.

Downloads

Published

2023-10-30