PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1463Keywords:
Model Pembelajaran Means Ends Analysis, Self Efficacy, Hasil Belajar, Bangun RuangAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Self Efficacy siswa, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Self Efficacy dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung berjumlah 342. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G yang berjumlah 34 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII H yang berjumlah 34 sebagai kelas kontrol. Kemudian data dianalisis menggunakan uji t sampel independent dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Self Efficacy siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,016, (2) ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikan 0,008, dan (3) ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Self Efficacy dan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung pada materi bangun ruang dengan nilai signifikan 0,001.
Downloads
References
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indriani, Nuri Dwi, and Mega Achdisty Noordyana. 2021. “Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Model Pembelajaran Connecting , Organizing , Reflecting , and Extending Dan Means Ends Analysis”. Plus Minus Jurnal Pendidkan Matematika 1, no. 2: 339–352.
Juhrani, Hardi Suyitno, and Khumaedi. 2017. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa Pad Model Pembelajaran Mea”. Unnes Journal of Mathematics Education Research 6, no. 2: 251–258.
Susanti, Antik Hikmah, and Suheny Witarti. “Pengaruh Metode Pembelajaran Means- Ends Analysis (MEA) Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Journal of Instructional Development Research 1, no. 2 (2020): 81–87.