ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA SANTRI PESANTREN AL ISHLAH JENGGAWAH

Authors

  • Alviani Yaumi Safitri Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Nurul Imamah Ah Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Hana Puspita Eka Firdaus Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1461

Keywords:

Komunikasi Matematis, Santri, Tutor Sebaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis tulis dan lisan melalui pembelajaran tutor sebaya di Pesantren Al Ishlah Jenggawah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek ditentukan dengan pemberian angket gaya komunikasi matematis kepada 27 santri. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: (1) gaya komunikasi matematis yang ditemukan adalah The Equalitarium Style yaitu 9 santri, The Structuring Style yaitu 6 santri , dan The Relinquishing Style yaitu 12 santri, (2) kemampuan komunikasi matematis tulis subjek dengan gaya The Equalitarium Style termasuk pada kategori sedang dengan nilai <80, subjek dengan gaya The Structuring Style termasuk pada kategori tinggi dengan nilai >80 dan subjek dengan gaya The Structuring Style termasuk pada kategori tinggi dengan nilai <70.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Surya .(2017). Improving Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning (PBL) in Junior High School. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR)Volume 33,No 2,pp 321-331.

Imaniar Ramadhan dan Eva Dwi Minarti. (2018). Kajian Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Jurnal of Medives: Jurnal of Mathematis Education IKIP Veteran Semarang, Vol 2. No 2, 152.

Suhendra. (2015). “Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika”. Jakarta: Universitas Terbuka.

NCTM. (2000). Principles and Standarts for School Mathematics. USA: NCTM.

Febrianti. (2014). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar.

Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tubbs, L., Stewart & Moss, Sylvia. (2008). Human Communication: Prinsip-prinsip Dasar.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mendikbud. Permendikbud No.21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Downloads

Published

2023-10-30