PENGEMBANGAN SOAL NUMERASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1460Keywords:
Soal Matematika, Numerasi, Kearifan Lokal, Aritmatika SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal cerita numerasi berbasis kearifan lokal pada materi aritmatika sosial, sehingga dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Soal cerita numerasi ini memiliki kelebihan yakni gambar dengan kearifan lokal Jember, sehingga siswa tertarik untuk mengerjakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau reseach and development (R&D) tipe formative reseach. Formative reseach Tessmer (1993) adalah penelitian pengembangan yang melalui tiga tahap yaitu tahap pertama merupakan self-evaluation, prototyping dan field-test. Subjek ditentukan dengan pemberian angket siswa dan mengerjakan soal cerita numerasi kelas VII di SMP Negeri 1 Ajung. Hasil penelitian menjelaskan bahwa soal numerasi memperoleh kevalidan 4,06%, skor kepraktisan produk dari angket respon siswa sebesar 78,5% dan persentase tingkat pengusaan peserta didik 68,1% dengan kategori tinggi dinyatakan efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk soal numerasi sesuai kriteria penilaian dan layak digunakan sebagai evaluasi siswa.
Downloads
References
Anggriani, Andi Dian. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a1.
Dazrullisa. (2018). Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal terhadap Minat Belajar Siswa. Genta Mulia.Dinata, Fentiawati T (2021). Analisis Validitas reliabilitas dan indeks kesukaran pada butir soal materi barisan dan deret berdasarkan taksonomi bloom revis.Jurnal Pembelajaran Mateamtika Inovatif. https://10.22460/jpmi.v4i3.683-690.
Faznur, L. S., Khaerunnisa, Lutfi, & Rohim, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bilangan Bulat dalam PembelajaranDaring.https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/ 8812/5164.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2020). Adaptasi Pembelajaran Berorientasi Literasi dan Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2017). Desain Pengembangan Soal AKM. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2020). Adaptasi Pembelajaran Berorientasi Literasi dan Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Pitriani, Y., & Ocktaviani, N. N. (2020). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Menurut Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 287–298.
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan.https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2316.
Tim GLN. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kemendikbud.
Tim GLN. (2017). Peta Jalan "Gerakan Literasi Nasional". Jakarta: Kemendikbud.