IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA POKOK BAHASAN LOGIKA MATEMATIKA
Keywords:
pembelajaran inquiry, berpikir logis, logika matematikaAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran inquiry yang dapat meningkatkan kemampuan bernalar logis mahasiswa pada pokok bahasan logika matematika; (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar mahasiswa semester III tahun akademik 2017/2018 mata kuliah Konsep Dasar Matematika setelah pelaksanaan pembelajaran inquiry. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis mahasiswa kelas D2 program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah IAIN Jember. Hal ini juga menunjukan bahwa hasil belajar logika matematika dalam pembelajaran ini telah mencapai kriteria ketuntasan belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator-indikator berikut: (1) kemampuan berpikir logis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari menunjukkan peningkatan dari 65% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II; (2) dari hasil tes belajar diketahui bahwa peserta didik yang telah mencapai skor 70 atau lebih juga menunjukkan peningkatan dari 69% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II.
Downloads
References
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. (S. Z. Qudsy, Ed.) (Cetakan I). Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat & Logika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Grup.
Hasan, B. (2015). Implementasi Inquiry Teaching dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, 3(Mei), 1–15.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musfiqon, M. (2016). Gaya Mengajar Mulai A-Z. Sidoarjo: Nizamia Learning Centre. Retrieved from www.nizamiacentre.com
Salamah, F. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Logaritma. Skripsi Tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Shih, J., Chuang, C.-W., & Hwang, G. J. (2010). An Inquiry-based Mobile Learning Approach to Enhancing Social Science Learning Effectiveness. Jurnal of Educational Technology & Society, Vol. 13(No. 4), 50–62.
Siagian, R. E. F., & Nurfitriyanti, M. (2012). Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Belajar. Jurnal Formatif Universitas Indraprasta PGRI, Vol. 2, 35–44.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenadia Media.