KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1459Keywords:
SMP, Numerasi, AKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaiakan soal AKM. Jenis penelitian ini adalah deskritif kuantitatif dan dilakukan di SMP Fitra Abdi Palembang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 32 siswa yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes secara tertulis yang meliputi 3 indikator kemampuan numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Fitra Abdi Palembang masih dalam kategori rendah. Hal tersebut diketahui dari 62,50% siswa mendapatkan nilai dibawah 40. Rata-rata untuk 3 indikator adalah 30,56, 41,56 dan 30 dari ketiga indikator diperoleh rata-rata sebesar 34,04.
Downloads
References
Ate, D., & Lede, K. Y. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Viii Dalam Matematika Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika , 6 (1), 472- 483.
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika CalonGuru. Delta-Pi:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 9 (2), 237-247.
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Bangun Datar. Sjme(Supremum Journal Of Mathematics Education) , 2 (2), 77-83.
Bustami, N. H., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Pendekatan Iceberg Melalui Video Pembelajaran Untuk Mendukung Kemampuan Numerasi. Jurnal Basicedu , 6 (8), 6175-6181.
Cahyanovianty, A. D., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kealas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompotensi Minimum. Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika , 5 (2), 1439- 1448.
Fauziah, A., Sobari, E. F., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompotensi Minimum. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan , 3 (4), 1550-1558.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahassururi, Et Al. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Pendidikan, Kementrian Jakarta, Kebudayaan.
Hartatik, S., & Nafiah. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education And Human Development Journal (Ehdj) , 5 (1), 32-42.
Khoerunnisa, R., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Terhadap Materi Segiempat. Plusminus:Jurnal Pendidikan Matematika , 2 (1), 165-176.
Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take And Give Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa:Jurnal Pendidikan Matematika , 7 (2), 178-188.
Maulidina, Ana, P., & Hartatik, S. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendiidikan Dasar (Jbpd) , 3 (2), 1-62.
Ramadayu, N., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Viii pada Satu Smp Negeri Di Kabupaten Karawang Ditinjau Dari Kebiasaanberpikir Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika , 4 (1), 417-476.
Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Et Al. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmennasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Surveykarakter, Dan Survey Lingkungan Belajar). Jamp: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan , 4 (1), 61-71.
Winata, A., Widiyanti, I. S., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Dalam Pengembangan Soal Asesmen Kompotensi Minimum Kelas Xi Sma Untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio:Fkip Unma , 7 (2), 498-508.