PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

Authors

  • Aisya Juliana Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Anggria Septiani Mulbasari Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Asnurul Isroqmi Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1458

Keywords:

Media Pembelajaran ,Geogebra, Motivasi Belajar, Persamaan Garis Lurus

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran berbasisi geogebra terhadap motivasi belajar siswa SMP pada materi persamaan garis lurus. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Posstest-Only control disign. Populasi dari penelitian ini sebanyak 181 siswa. Sampel dalam penelitian ini memakai teknik ramdom sampeling terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah: Tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penlitian ini menggunakan independen sampel t-test. Taraf signifikan dalam peneltian ini adalah 0,05/taraf kepercayaan 95%. Kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan media pembelajaran geogebra memperoleh rata-rata posstest pada kelas kontrol sebasar 80 dan pada kelas eksperimen sebesar 85,5 sedangkan nilai rata-rata angket pada kontrol sebesar 73,8 dan pada kelas kontrol sebesar 78,3.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R., & Rasto. (2019, Januari). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Menajemen Perkantoran, 4(1).

Etty, R., ma'rufi, & Suaedi. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. penelitian matematika dan pendidikan matematika.

Mandira, F. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbasis geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan garis lurus. Skripsi.

Nuritta, T. (2018). Perkembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misyakat, 03(01).

Putra, H., Setiawan, H., Nurdianti, D., & at al. (2018). Kemanpuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Di Bandung Barat. Bandung Barat.

Rahman, A., Munandar, S., Fitriani , A., & at al. (2022). Pengertian Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan. Jurnal unismuch.ac.id.

Rahman, S. (2021, November). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. ejurnal.pps.ung. ac. id.

Subanji, & Rizki, M. (2021, April). Analisis praktek pembelajaran daring persamaan garis lurus berbantuan media geogebra melalui google sites. Jurnal matematika dan pendidikan matematika, 12(1).

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. komunikasi pendidikan.

Yahya, U., & Hanif, E. (2018). Analisis Pemanpaatan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal mitra pendidikan.

Downloads

Published

2023-10-30