KONSEP MATEMATIKA DALAM AL-QUR’AN PADA SURAT AL-BAQARAH

Authors

  • Hery Hebriyansyah Zaini Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Fatqurhohman Fatqurhohman Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Nurul Imamah Ah Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1457

Keywords:

Al-Qur’an, Konsep Matematika, Surat Al-Baqarah

Abstract

Penelitian ini membahas matematika dalam Al-Qur’an yang bertujuan untuk mendeskripsikan konsep matematika dan model matematika dalam surat Al-Baqarah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini adalah studi kepustakaan. Data penelitian ini adalah ayat-ayat surat Al-Baqarah yang memuat konsep bilangan, pecahan, himpunan. Sumber data penelitian ini adalah Al-Qur’an terjemahan dan ayat-ayat pada surat Al-Baqarah yang terkandung di dalam Al-Qur’an. Hasil penelitian ini bahwa di dalam surat Al-Baqarah terdapat konsep bilangan genap pada ayat 260, 60. Konsep bilangan ganjil dan konsep bilangan prima pada ayat 61, 41, 196, 29. Konsep pecahan ditemukan pada ayat 259. Konsep himpunan berdasarkan macam-macamnya ditemukan himpunan tak berhingga pada ayat 62, 96. Himpunan berhingga dan tak berhingga pada ayat 212. Berdasarkan relasi himpunan ditemukan himpunan bagian pada ayat 96. Himpunan lepas pada ayat 62. Himpunan bagian dan lepas ditemukan pada ayat 212. Sedangkan model himpunan menggunakan diagram ven. Saran untuk peneliti selanjutnya untuk mengkaji konsep matematika yang lain di dalam surat Al-Baqarah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adabi, M. A. (2019). Al-Qur’an dan Rahasia Angka: Kajian Kitab Tafsir Karya Abu Zahra al-Najdi. Diya Al-Afkar: Jurnal Studi al-Quran dan al-Hadis, 7(02), 353–363.

Fitri, A., Hasanah, R., Vabiola, S., Yolanda, M., Putri, U., & Imamuddin, M. (2023). Integrasi Himpunan Dan Al-Qur ’ an Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran Matematika Pendahuluan. 2(2), 242–256.

Hapiz, A., Mohammad, A., Annisa, H., Abdussakir, & Rofiki, I. (2019). Bilangan Pecahan Dalam Al-Qur’an dan Hadits. Prosiding Sendika, 5(1), 72–80.

Iryani, E. (2017). Al- Qur’an Dan Ilmu Pengetahuan Eva Iryani 1. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 70.

M.Wiyono. (2021). Al-Qur’an Ditinjau Dari Perspektif Angka. Al-Dhikra, 3(1), 25–37.

Mahdalena. (2018). Kajian Konsep Bilangan, bentuk, dan Koneksi dalam Al-Quran. Itqan, 9(2), 1–15.

Muhammad, K. R. (2019). Hubungan Al-Qur’an dengan Matematika. Eduscope, 05(01), 55–65.

Nasution, A. F. (2017). Implementasi Konsep Matematika Dalam Al-Qur’an Pada Kurikulum Madrasah. Jurnal EduTech, 3(1), 1–11.

Putra, I. S. (2020). Klasifikasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Yang Memuat Konsep Operasi Bilangan Serta Integranya Dengan Agama Islam. FiTUA: Jurnal Studi Islam, 1(2), 165–177. https://doi.org/10.47625/fitua.v1i2.259

Rosikhoh, D., & Abdussakir, A. (2020). Bilangan pecahan dan operasinya dalam hadits. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 44–53.

Sari, N. I., Sari, N. S., & Rizki, S. (2017). Matematika Dan Al-Quran Untuk Membentuk Pendidikan Pendidikan Berkarakter Islami. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Membangun Generasi Berpendidikan dan Religius menuju Indonesia Berkemajuan,” 334–338.

Soimah, W., & Fitriana, E. (2020). Konsep Matematika ditinjau dari Perspektif Al-Qur’an. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 2, 131–135.

Supriyadi, K. (2021). Matematika Dalam Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–51.

Tabroni, I., Erawati, D., Maspiah, I., & Sa’adatunnisa, H. (2022). Pendidikan Agama Islam Dalam Tuntunan Syari’At Rasulullah Saw. Journal of Education and Culture, 2(1), 53–56.

Tamlekha. (2021). Al Qur’an Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan. Basha’Ir: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 105–115.

Zulfitria. (2017). Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. NATURALISTIC?: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 124–134.

Downloads

Published

2023-10-30