KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMODELAN MATEMATIKA PADA MATERI EKSPONEN

Authors

  • Sari Andini Putri Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Yunika Lestaria Ningsih Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Marhamah Marhamah Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1455

Keywords:

emampuan Representasi Matematis, Pendekatan Pemodelan Matematika,, Eksponen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dengan pendekatan pemodelan matematika pada materi eksponen. Subjek Penelitian ini adalah peserta didik X.4 SMA PGRI 2 Palembang yang berjumlah 36 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dimana teknik pengumpulan data yaitu, tes yang berisikan 4 butir soal. Adaun indikator kemampuan representasi  yang digunakan dalam penelitian ini yaitu visual/gambar, simbolik, dan verbal. Dimana hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (a) pada indikator visual/gambar, peserta didik mampu menghubungkan suatu permasalahan dalam soal dengan grafik dan tabel dengan persentase 80,20, (b) pada indikator Simbolik, peserta didik mampu membuat interpretasi dari simbol matematis juga mampu menyelesaikan masalah dengan membuat model atau notasi matematis dengan persentase 84,7,  (c) pada indikator verbal, peserta didik mampu membuat argument secara kata-kata yang menjelaskan maksud dari suatu representasi juga mampu menuliskan langkah-langkah pemecahan masalah dengan persentase 80,55%. Dari hasil analisis tes diketahui secara keseluruhan persentase rata-rata kemampuan representasi matematis siswa dengan pendekatan pemodelan matematika pada materi ekponen dikategorikan sedang sebesar 81,82.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra di SMPN 25 Pekanbaru. Ilmiah Edu Research , 5 (2), 67-74.

Arafan, Z., & Retnawati, H. (2015). Analisis Instrumen Pengukuran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Siswa SMA. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 20 , 783-790.

Copam, & Siam. (2016). (Guidelines For Assesment & Intruction In Mathematical Modelling Education). USA: COPAM, Inc. & SIAM.

Graciella, M., & Swangsih, E. (2016). Penerapan Pendektan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siwa. Pendidikan Ke-SD-An , 10 (2), 27-36.

Hakim, A. R., Harlastuti, R. M., & Yusuf, F. I. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X pada Materi Grafik Fungsi Logaritma. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika , 1 (1), 31-40.

Herdiman, I., Jayanti, K., & Pertiwi, K. A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Elemen , 4 (2), 216-229.

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Kajian Pendidikan Matematika , 6 (1), 99-110.

Pinahayu, E. A. (2015). Problematika Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Eksponen dan Alternatif Pemecahannya. Formatif , 5 (2), 182-191.

Pitriani. (2016). Kemampuan pemodelan matematika dalam realistic mathematichs education (RME). Edukasi dan Sains Matematika , 2 (1), 65-81.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Pendidikan Matematika , 10 (2), 225-234.

Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian dalam Penelitian Pendidikan. Pendidikan dan Keislaman , 1 (1), 342-351.

Wulandari, W., Darmawijoyo, D., & Hartono, Y. (2016). Pengaruh Pendekatan Pemodelan Matematika Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang. Pendidikan Matematika Sriwijaya , 10 (1), 114-126.

Zulkarnaen, R., & Kusumah, Y. (2019). Studens' mathematical modeling abilities in interpretation-construction design model. Journal of Physiscs : Conf Series 1318 , 1-6.

Downloads

Published

2023-10-30