ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Authors

  • Arinda Indiwara Putri Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Nita Fitri Amaliyah Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1454

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematis, Materi Kubus, Balok

Abstract

Analisis dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualisifikasi dalam menyelesaikan permasalahan matematis siswa kelas IV pada pengajaran kubus dan balok. Dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis dalam menyelesaikan masalah matematika siswa kelas IV pada materi kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen peneliti menggunakan lima pertanyaan. Indikator kemampuan dalam menyelesaikan masalah siswa, yaitu pertanyaan esai atau karangan yang berhubungan dengan pemecahan masalah, dan kemampuan menyusun cara menyelesiakan masalah dengan menggunakan apa yang telah dipelajari dari penjelasan pemecahan masalah. Hasil tanggapan atas pertanyaan-pertanyaan tersebut kemudian dikumpulkan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, sebagai data yang diperoleh sebagai dasar untuk menarik kesimpulan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa FMIPA Pendidikan Matematika Melalui Model Pembelajaran IMPROVE. JURNAL TARBIYAH, 147(March), 11–40.

Annisa, R., Roza, Y., & Maimunah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 481–490. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688

Apriliyana, D. A., Masfu’ah, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(6), 4166–4173.

Bidasari, F. (2017). Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Quantity untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 63–77. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.59

Hermawati, H., Jumroh, J., & Sari, E. F. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 141–152. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.874

Irfadhila, D., Arianti, A., & Alim, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Kubus dan Balok Kelas IV SD. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 208–220.

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24–30.

Mahfiroh, N., Mustangin, M., & Wulandari, T. C. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Laplace?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 63–74. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.464

Retno Winarti, E., & Waluya, B. (2019). Pemecahan Masalah dan Pembelajarannya dalam Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 389.

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020, 1–12.

Riswari, L. A., Sari, A. C., & Suryanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Operasi Hitung Campuran Sebagai Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Di Desa Larikrejo. Jurnal Tarbiah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 233–242.

Sagita, K. D., Ermawati, D., & Anrdana, R. L. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807

Tandililing, P. (2019). Profil Proses Berpikir Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Di Kelas VIII C SMP Negeri 5 Jayapura. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 9. https://doi.org/10.58258/jime.v5i2.752

Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Zakiyah, S., Hidayat, W., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Respon Peralihan Matematik dari SMP ke SMA pada Materi SPLTV. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.437

Downloads

Published

2023-10-30