ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MATEMATIS BERPIKIR SISWA DALAM SOAL PECAHAN KELAS V SDN 5 HONGGOSOCO

Authors

  • Gista Ayu Astriyani Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Lia Fatmawati Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1453

Keywords:

kemampuan berfikir, pemecahan, soal pecahan, matematis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana siswa kelas 5 SD dalam kemampuan pemecahan matematisnya berpikir untuk menyelesaikan soal terhadap materi pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualititatif dengan mendefiniskan berbagai macam kejadian yang terjadi dilingkungan sekitar SD Negeri 5 Honggosoco, Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas 5 SD dengan nilai PASnya yang telah dilaksanakan pada 2 Minggu yang lalu. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki keahlian permasalahan yang berbeda-beda dalam menyelesaikan soal permasalah terhadap pecahan yaitu subjek dengan keahlian permasalah tingkat tinggi, keahlian permasalah tingkat sedang dan keahlian permasalah tingkat rendah. Siswa dengan keahlian permasalah tingkat tinggi dan sedang dapat menguasai persoalan yang terdapat pada pertanyaan  dan sanggup untuk membuat tahap dalam menuntaskan pertanyaan sehingga dapat membagikan hasil yang didapat dan memeriksanya kembali. Sedangkan siswa dengan kemampuan rendah sudah dapat menata konsep serta penanganan permasalahan, tetapi belum dapat menyimpulkan jawaban dengan baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda, A. (2016). Berfikir kritis dalam pembelajaran matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 4(01), 125-138.

Aminah, A., & Kurniawati, K. R. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika.

Ibrahim, R. Y., Arsyad, A., & Katili, N. (2022). Analisis Kesulitan Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas 5 Sekolah Dasar. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 12-18.

Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028-1034.

Komarudin, K., & Permana, P. T. (2019). LKPD Berbasis Scientific Approach Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Terampil?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.

Lestari, S. D., & Riswari, L. A. (2023). Penerapan Model Make a Match dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Boloagung 02. AS-SABIQUN, 5(2), 592-603.

Made, S. I. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan siswa sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144-155.

Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur newman. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1-12.

Polya, G. 1973. How To Solve It (A newAspect of Mathematical Method).Stanford University. Garden City, NewYork.

Rahmawati, P., & Apsari, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia). Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 1-14.

Riswari,L. A., & Ermawati, D. (2022). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Kudus : Universitas Muria Kudus.

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609

Sakinah, E., Hodidjah, H., & Lidinillah, D. A. M. (2018). Penggunaan model Means Ends Analysis (MEA) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 149-156

Saputri, J. R., & Mampouw, H. L. (2018). Kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal materi pecahan oleh siswa SMP ditinjau dari tahapan Polya. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 146-154.

Suratmi, S., & Purnami, A. S. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Ulfa, M., Makki, M., & Umar, U. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 24 Ampenan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 970-976.

Downloads

Published

2023-10-30