ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PENGUKURAN

Authors

  • Zainur Rohmah Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Arry Septian Nur Fajri Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1452

Keywords:

kemampuan pemecahan, materi pengukuran, hasil penelitian

Abstract

Pemecahan masalah matematika adalah komponen penting dari kurikulum karena memungkinkan siswa untuk mempraktikkan pengetahuan dan kemampuan mereka sambil juga mendapatkan pengalaman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, pada pengerjaan soal cerita dengan materi pengukuran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti bermaksud untuk menjelaskan dan menilai kemampuan pemecahan masalah matematis, kesadaran akan kesalahan siswa, dan pemahaman mengenai materi pengukuran. Hasil   diperoleh dari soal yang sudah dikerjakan 6 siswa kelas IV yang berada dibimbel Gerak Cerdik di Desa Sidigede, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, yaitu diperoleh hasil dari  kemampuan pemecahan masalah matematis siswa,  siswa yang mampu meyelesaikan soal dengan baik pada tahap memahami masalah yaitu 2, siswa dengan kode PNWN dan DFN. Ada dua siswa yang pada tahap menyusun rencana yaitu siswa PNWN dan DFN. Hanya siswa PNWN dan DFN yang dapat menjawab soal cerita pada tahap myusun rencana  pemecahan masalah matematis, melaksanakan dengan baik. Siswa yang berhasil pada level ini dalam proses pemecahan masalah yaitu, DFN, AMAP, PNWN, NAD. Pada tahap memeriksa kembali jawaban, siswa dengan kode ASN memeriksa kembali semua jawabannya. Sedangkan ENZ, DFN dan NAD mereka memeriksa jawabannya hanya pada soal 4 dan 5 saja. Sesuai dengan temuan kemampuan pemecahan masalah siswa dilapangan masih terdapat kesalahan pada jawaban yang dikerjakan. Karena menurut mereka soal terlalu sulit sehingga siswa tersebut mengalami kesulitan dalam memahami tujuan di balik pertanyaan yang ditanyakan. Selain itu, siswa  untuk menyelesaikan pertanyaan pada soal tersebut, karena mereka bingung dan tidak memahami materinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arista, Y., Hendriana, E. C., & Dasar, G. S. (2023). ANALYSIS OF MATHEMATICS PROBLEM SOLVING ABILITY IN FLAT. 3(1).

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528

Lestari & Karlimah, (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Penyelesaian Soal Cerita Luas Daerah Bangun Datar. Pedadikta, 5(3), 7–17. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Linola et al., .(2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003

Listanti & Mampouw, (2020). Profil Pemecahan Masalah Geometri Oleh Siswa Smp Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 365–379. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2022). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Riswari, L. A. & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.

Downloads

Published

2023-10-30