PENGEMBANGAN LKPD DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1450Keywords:
LKPD Digital, Problem Based Learning, Kemempuan Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian jenis pengembangan atau penelitian Research and Development. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) digital berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Subjek didalam penelitian ini terdiri dari subjek pengembangan produk yaitu validator yang akan memvalidasi media yang dikembangkan dan subjek uji coba produk yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngabang dengan materi yang diambil dalam penelitian adalah statistika. Hasil dari penelitian ini adalah kelayakan produk berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) digital berbasis problem based learning (PBL). LKPD mencapai tingkat valid dengan kevalidan media dan materi mencapai 98%, tingkat kepraktisan dengan kriteria sangat praktis mencapai rata-rata keseluruhan angket respon guru dan siswa adalah 93,09%, serta mencapai tingkat keefektifan dengan hasil posttest dengan presentase indeks sebesar 72,7% dengan kriteria efektif.
Downloads
References
Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau Dari Gender. Jurnal Numeracy, 5 (1), h. 19-28.
Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E.E. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama. ISBN 978-602-6322-45-6.
Hersandi, M., Mahardika, I. K., & Nuriman. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Bentuk Brosur Untuk Pembelajaran IPA di SMP ditinjau dari Aspek Kegrafikaannya. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Sains, 2(1), 57–64.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Matematika Untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2. Jakarta: Kemendikbud.
Mawaddah, Siti, Anisah, Hana. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Volume 3, No 2, Oktober 2015
Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ratnawati, Riska. (2019). Pengembangan Buku Panduan Menulis Sinopsis Cerkak Dengan Teknik Urai Unsur Intrinsik Bagi Siswa SMA, Skripsi (DIGILIB UNNES).
Safitri, C. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Strategi Problem Solving Tipe Draw A Picture. Skripsi UMS.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajraan Matematika, Prosiding Seminar Nasional Matematika 217-225.
Yulius, B., Irwan, & Yerizon. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Penemuan dengan Masalah Open Ended untuk Peserta Didik SMA Kelas X Semester 2. Jurnal Mosharafa, 6(2), 279-286.
Yustianingsih, Rizza., dkk. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). Vol. 1, No. 2.