PENERAPAN PRINSIP PENYEDERHANAAN PEMAHAMAN KONSEP SEJAJAR DAN TEGAK LURUS PADA DUA PERSAMAAN GARIS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 JEMBER

Authors

  • Sutrisno Hadi SMP Negeri 1 Jember

Keywords:

prinsip penyederhanaan, pemahaman konsep, sejajar dan tegak lurus dua persamaan garis

Abstract

Proses pembelajaran masih di dominasi oleh guru dan belum memberikan akses bagi siswa untuk berkembang secara mandiri, adanya keterbatasan   waktu, sarana, lingkungan belajar dan jumlah peserta didik yang terlalu banyak. Terdapat juga siswa  sehingga  kurang  termotivasi dalam  proses belajar dan  kurang dapat  meningkatkan aktivitas serta kreativitasnya, akibatnya siswa menjadi pasif. Tujuan penelitan adalah untuk mengetahui tentang penerapan prinsip penyederhanaan pemahaman konsep sejajar dan tegak luru pada dua persamaan garis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini terdiri dari empat tahapan dasar yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 36 orang di kelas VIII B. Sumber data berasal dari guru dan siswa yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes ulangan harian. Instrumen penilaian yang digunakan adalah tes melalui ulangan harian dengan deskriptif kualitatif.  Terdapat peningkatan hasil belajar dengan indikator ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 23% dan kategori aktivitas siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup aktif pad silus 1 menjadi kategori aktif pada siklus 2. Hasil wawancara menunjukan bahwa siswa sangat terbantu sekali dalam pemahaman dan penyelesaian soal pada materi persamaan garis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wardani. (2014). Modul Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Atsnan, M.F, Gazali, R.Y. (2013). Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika Smp Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta

Gd. Gunantara, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. 2 (1). Singaraja: Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Yulistyana Pradita, dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. V. 4 (1). Surakarta: Jurnal Pendidikan Kimia (JPK).

Tangkas, I Made. (2012). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 3 Amlapura. (Online), (http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/410/202), diakses 21 Mei 2016

Downloads

Published

2019-03-21

Issue

Section

Articles