IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS 4C DALAM MATERI GEOMETRI DI SMP A.WAHID HASYIM TEBUIRENG JOMBANG

Authors

  • Jauhara Dian Nurul Iffah STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Syarifatul Maf’ulah STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Yaumila Diah Rosyada STKIP PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1448

Keywords:

pembelajaran berbasis 4C, materi geometri

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran berbasis 4C dalam materi geometri khususnya materi luas permukaan dan volume limas dan prisma di kelas VIII SMP A.Wahid Hasyim Tebuireng Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah seorang guru matematika dan satu kelas siswa kelas VIIIG SMP A.Wahid Hasyim Tebuireng Jombang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi dan lembar observasi. Hasil observasi dan dokumentasi dianalisis berdasarkan komponen 4C dalam proses pembelajaran. Keabsahan data dengan triangulasi waktu. Guru Menyusun lembar kerja dengan mempersiapkan masalah yang memiliki jawaban lebih dari satu untuk memberikan stimulus kepada siswa dalam berpikir kreatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memunculkan komunikasi siswa ketika mengidentifikasi benda-benda yang termasuk limas dan prisma, siswa mempresentasikan jawaban di depan kelas serta tulisan siswa yang Nampak pada lembar kerja yang dikumpulkan. Kolaborasi muncul ketika siswa berdiskusi untuk menyelesaikan masalah pada lembar kerja. Berpikir kritis siswa muncul ketika siswa menyelesaikan lembar kerja dari guru, menganalisis masalah. Berpikir kreatif ketika siswa memunculkan jawaban lebih dari satu dari masalah ketika menyelesaikannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92–100.

Asviangga, A. B., & Sunardi. (2018). Analisis Kemampuan 4C’s Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berpikir Tingkat Tinggi. Kadikma, 9(1), 17–23.

Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal of Education Action Research, 4(4), 546. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28925

Fitriyanti, F., Laras, I. S., Khasanah, K., Anita, I. D., & Rahmawati, F. (2021). Implementasi Metode Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C (Critical And Problem Solving Skills, Collaboration Skills, Communication Skills, And Creativity And Innovation Skills) Pada Siswa Kelas XI. Edunesia?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 249–259. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.115

Karim, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93–104.

Kemendikbud. (2016). Salinan Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2016, Standar Penilaian Pendidikan, 1–12. http://arxiv.org/abs/1011.1669%0Ahttp://dx.doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 392–396.

Rahmawati, A., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2019). Analisis keterampilan berkolaborasi siswa sma pada pembelajaran berbasis proyek daur ulang minyak jelantah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 8(2), 1–15. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/18989

Sahril, Rayhana Sofyan, R., Anisah Najamuddin, A., Wirawati, N., Saqina Anwar, N., Bulkis, I., & Zalsabila, A. (2022). Penerapan 4c dalam Mengembangkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Siswa Kelas VII di SMPN 27 Makassar. INSIGHT?: Indonesian Journal of Social Studies and Humanities, 2(1), 2022. https://ojs.unm.ac.id/insight/index

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 1879–1887. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40574

Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun Keterampilan 4C dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, Vol. 3, 3, 922.

Sunardi, S., Kurniati, D., Sugiarti, T., Yudianto, E., & Nurmaharani, R. (2017). Pengembangan Indikator 4C’S Yang Selaras Dengan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika Sma/Ma Kelas X Semester 1. AdMathEdu?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(2), 197. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i2.9159

Yanti, A., & Rochmah, D. (2018). Penerapan Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Di SDN Sunyaragi 1 Kota Cirebon. E-Journal.Umc.Ac.Id, 9–13. https://www.e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/3489%0Ahttps://www.e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/3489/1776

Downloads

Published

2023-10-30