PENGEMBANGAN BAHAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Siti Nuraini Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1446

Keywords:

Project Based Learning, Bahan Ajar, Augmented Reality, 3-D

Abstract

Jenis Persiapan Berbasis Tugas adalah jenis persiapan inventif yang mencakup pekerjaan Proyek Dimana anggota mengajar Bekerja secara mandiri dalam membangun pembelajaran dengan barang yang jelas Maraknya penggunaan smartphone di Indonesia memberikan peluang yang sangat baik untuk mengembangkan konten untuk pembelajaran berbasis proyek berbantuan pengajaran augmented reality. Penelitian ini membahas bagaimana respon siswa terhadap materi yang disampaikan dan hasil praktek dengan materi yang telah dikembangkan oleh guru yang mana. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model Thiagarajan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTS ULUMUL QUR'AN. Memanfaatkan angket validasi, lembar analisis, instrumen, respon siswa, dan hasil latihan, pengecekan informasi yang digunakan Berdasarkan penilaian keempat validator, pengembangan ini merupakan materi pembelajaran berbasis proyek dengan bantuan augmented reality pada materi build background space untuk memenuhi standar ASI. Hasil tersebut berdasarkan hal-hal sebagai berikut: kepraktisan diperoleh melalui angket respon siswa dengan skor rata-rata 3,45 dan berada pada kategori Baik, dari hasil keefektifan mendapatkan angka yang besar yaitu 91,97% dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa yang dihitung dengan menggunakan uji N-Gains memperoleh hasil sebesar 0,76 jadi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Prastowo (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Azuuma, Ronaldo T.(Agustus 1997) “Asurvey Of Augmented Reality”. Presence: Teleoperators and virtual Enviranments

Birgili B. Creative and Critical Thinking Skills in Problem-Based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity. 2015; 2(2): 71-80.

Cowood, Stephen and Fiala, Mark 2007. Augmented Reality: A Practical Guide. Texas: The Progmatic Bookshelf

Dimyati, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Delyana, Hafizah dkk. 2021 pengembangan modul statistika berbasis projectbased learning. Jurnal pendidikan matematika.(Volume 05 Nomor 03):2313-2323.

Dhia Oktariani dan Isnaini Halimah Rambe (2018) “pengembangan bahan ajar berbasis project based lerning berbantua geogebra” . Jurnal pendidikan matematika

El-Share A dan Gaber H. Impact of problem-based learning on students critical thinking dispositions, knowledge acquisition and retention. Journal of Education and Practice. 2014; 5(14): 74-85.

Ennis, R. H. (2011). The Nature Of Critical Thinking: An Outline Of Critical Thinking Dispotions And Abilities.

Fernando, M. (2013). “Membuat Aplikasi Augmented Reality Menggunakan

Hasanah, Izzatul dkk. 2018 pengembangan modul suhu dan kalor berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA. Jurnal pendidikan teori dan praktik. (Volume 3 Nomor 1): 38-44.

Downloads

Published

2023-10-30