PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMK SWASTA JAMBI

Authors

  • Sri Elvina Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia

Keywords:

LKPD, Problem-Based-Learning, 3-D

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMK Swasta Jambi berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4-D, dalam penelitian ini penulis hanya sampai pada tahap 3-D yaitu: (1) Pendefinisian (define), (2) Desain (design), dan (3) Pengembangan (development). Hasil dari penelitian pengembangan LKPD berbasis PBL pada materi logika matematika di SMK Swasta Jambi memenuhi kriteria valid berdasarkan skala Likert hasil dari penilaian 6 orang validator dengan cara mengisi angket penilaian dengan skor rata- rata 4 dan berada pada kategori baik, praktis diperoleh melalui angket respon peserta didik dengan skor rata-rata 3,83 dan berada pada kategori baik, dan efektif diperoleh melalui test hasil belajar peserta didik dengan skor rata-rata 78% dan berada pada kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Prastowo 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: Diva press.

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar (7th). Translated by Soetjipto, H. P & S. M. Soetjipto. 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas 2008. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Hartati, M., dan Surya E. 2017. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada SMK Di Pangkalan Brandan. Digilib. Unimed.ac.id [diakses tanggal 31 Oktober 2022]

Manullang Subianto, Dkk 2017. Matematika Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Sanjaya, 2007 Metode Pembelajaran, Jakarta: Kencana

Siti Fadia Nurul Fitri. 2021. Problrmatika kualitas pendidikan di Indonesia, Jurnal Pendidikan Indonesia

Subanindro. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri Berorientasikan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan Dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2023-10-30