PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI INTEGRAL
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1443Keywords:
Video Pembelajaran, Problem Based Learning, Research and Development, Kemampuan Pemahaman MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran dengan model problem based learning terhadap kemampuan pemahaman matematis pada materi integral kelas XI SMAS Mujahidin. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) model Borg and Gall dengan tujuh tahapan yang digunakan. Subjek pengembangan produk pada penelitian ini adalah validator ahli media yaitu dua orang doesen pendidikan TI dan satu orang guru mata pelajaran matematika, ahli materi yaitu dua orang dosen pendidikan matematikan dan satu orang guru mata pelajaran matematika, serta subjek uji coba produk adalah siswa kelas XI MIPA I SMAS Mujahidin dengan 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan intrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket respon, serta teknik pengukuran berupa tes uraian. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah video pembelajaaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh kevalidan dengan persentase sebesar 86.11% dengan kriteria sangat valid; kepraktisan diperoleh dari angket repson guru dan respon siswa dengan persentase sebesar 87,98% dengan kriteria sangat praktis; dan keefektifan diukur dari hasil tes siswa memperoleh persentase sangat efektif.
Downloads
References
Diana, L., & Maharani, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Teknik Tutorial Berbasis Kemampuan Konseptual Pada Mata Pelajaran Integral. Jurnal Derivat, 25-31.
Fitri, R., Mustika, H., & Aprilian S, I. F. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI MA. Jurnal Equation: Teori dan Pendidikan Matematika, 79-91.
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development. Malang: CV. Literasi Nusantara.
Hodiyanto, Darma, Y., & Putra, S. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334.
Indrayanti, R. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja SIswa Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Topik Matriks Di SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 1-13.
Manullang, M. (2014). Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(2), 208-214.
Murniana. (2022). Video Pembelajaran Dan Problematika Motivasi Belajar Di Masa Pandemi. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Nurmudi. (2019). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa. Jurnal Derivat, 73-84.
Ramadhania, K. S., Fitriani, N., Nurfauzan, P., & Afrilianto, M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Kelas VII PAda Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 5(5), 1495-1504.
Sa'adah, R. N., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian RND (Reasearch and Development). Malang: Literasi Nusantara.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widayanti, R., & Nur'aini, K. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.
Yudhaskara, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sofware Di SMK Gama Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 891-896.