HUBUNGAN MOTIVASI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP

Authors

  • Athiyyah Nur Rahma Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Heni Pujiastuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1442

Keywords:

kemampuan, numerasi, motivasi

Abstract

Kemampuan numerasi, yaitu kemampuan dalam menggunakan matematika dasar guna memecahkan masalah sehari-hari serta menganalisis dalam berbagai bentuk seperti grafik, tabel, diagram dan sebagainya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi siswa terhadap kemampuan numeris siswa SMP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yaitu semua informasi diwujudkan dalam angka dan dianalisis berdasarkan analisis statistik. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa yang dipilih dengan Proportionate Random Sampling. Proportionate maksudnya bahwa pengambilan sampel tiap kelas ditentukan seimbang atau dengan banyaknya subyek dari setiap kelas. Random artinya menganggap semua subyek memiliki hak yang sama memperoleh kesempatan untuk dipilih sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai X2 = 4,211667 dan nilai hitung = 0,548483. Dengan taraf signifikansi 5% dan jumlah sampel sebanyak 14, diperoleh nilai tabel sebesar 0,5324. Karena hitung > tabel, maka H0 ditolak jadi ada pengaruh antara motivasi terhadap kemampuan numerasi siswa dan nilai r diperoleh r = 0,555292 sehingga merujuk pada interpretasi koefisien korelasi menurut dapat disimpulkan bahwa hubungan yang ada antara motivasi belajar siswa dengan kemampuan numerasi siswa yaitu memiliki hubungan yang sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Stem (Sains, Technology,. Engineering, And Mathematics) Terhadap Kemampuan Penalaran. Matematis.

Aspriyani, R. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Kemampuan. Pemecahan Masalah Matematis. JPMM 10(1): 17-23.

Depdiknas .(2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Komariyah et.al. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir. Kreatif Matematik Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat.

Mahmud. et al. (2019). “The Influence of Entrepreneurship. Education, Self-Efficacy, and Locus of Control on College Student

Materi Pendukung Literasi Baca Tulis, (2017). Tersedia di : https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/cover-materi-p

OECD. (2019). PISA 2018. PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISA.

Sudrajat. (2017). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan. Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,. CV.

Ujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam. Menyelesaikan Soal HOTS Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal UMS.

Downloads

Published

2023-10-30