MENGIDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA DALAM MEMBUKTIKAN TEOREMA-TEOREMA KEKONGRUENAN BANGUN DATAR DENGAN METODE THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS)

Authors

  • Kenys Fadhilah Zamzam IKIP Budi Utomo Malang

Keywords:

Think Aloud Pair Problem Solving, identifikasi kesalahan-kesalahan, teorema kekongruenan

Abstract

Mahasiswa yang berkualitas dapat dilihat dari pola pikir. Pada dasarnya peran dosen sangat penting untuk mendorong berkembangnya pola berpikir mahasiswa. Mahasiswa program studi pendidikan matematika perlu memahami bagaimana cara untuk membuktikan teorema berdasarkan pengetahuan yang diperoleh sebelumnya Berkaitan dengan pembuktian teorema ini maka dosen berperan untuk mengetahui sejauh mana langkah-langkah yang telah dilakukan oleh mahasiswa, salah satunya adalah kesalahan-kesalahan yang dilakukan mahasiswa. Metode Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) adalah metode yang digunakan untuk meningkatkan ketrampilan analitis dengan membantu mahasiswa menciptakan gagasan, melatih konsep, mengidentifikasi kesalahan-kesalahan. Subyek dalam penelitian ini adalah 4 mahasiswa angkatan 2016 program studi pendidikan matematika IKIP Budi Utomo Malang yang menempuh mata kuliah geometri. Berdasarkan pada hasil penelitian bahwa kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam pembuktian teorema antara lain: (1) Mahasiswa pada dasarnya masih dipengaruhi oleh pengalaman belajar geometri yang pernah didapatkan dan tersimpan dalam memori pikirannya dimana tidak cocok dengan struktur geometri yang sedang dipelajari; (2) Mahasiswa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam mengaitkan pengertian definisi, aksioma, postulat, atau teorema sebelumnya yang sudah dibuktikan sehingga belum sistematis dalam menggunakannya; (3) Mahasiswa salah dalam memahami definisi atau tidak menuliskan definisi dalam langkah-langkahnya sehingga mahasiswa kesulitan dalam membuat sketsa (gambar); (4) Kurang kreatifitas dalam diri mahasiswa dalam membuktikan teorema, sehingga kesulitan dalam membuktikan teorema pada langkah-langkah selanjutnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2007. Think Aloud Protocol: Summary and Instructions. http://www. hu.mtu.edu/~njcarpen/hu3120/pdfs/Thinkaloud.pdf. Diakses Pada Tanggal 20 Maret 2018.

Elizabert E. Barkley. 2012. Collaborative Learning Techniques, Terjemahan: Narulita Yusron, cetakan I. Bandung: Nusa Media.
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Leff , Lawrence S. 2009. E-Z Geometry. New York: Barron’s educational series

Marsudi. 2010. Logika dan Teori Himpunan. Malang: Universitas Brawijaya Press

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.?

Slavin. 2011. Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). http://www.wcer.wisc.edu/archive/c11/c1/doingcl/tapps.html). Diakses Pada Tanggal 18 Maret 2018.

Warsono, H. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fatwa Nurani, I, dan dkk. 2016. Level Berpikir Geometri Van Hiele Berdasarkan Gender Pada Siswa Kelas Vii Smp Islam Hasanuddin Dau Malang. Jurnal Pendidikan. Vol.1, No. 5. Jurusan Pendidikan matematika FMIPA Universitas Negeri Malang.?

Downloads

Published

2019-03-21

Issue

Section

Articles