PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI DI SMA N 1 SIPISPIS

Authors

  • Nurida Saragih Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1439

Keywords:

Realistic Mathematics Education (RME), Modul, Thiagarajan tahap 3-D

Abstract

Realistic Mathematics Education (RME) adalah model pembelajaran dengan pemanfaatan realita atau lingkungan yang dipahami peserta didik dalam kehidupan sehari-hari dan dapat dibayangkan sehingga mudah bagi peserta didik untuk mencari kemungkinan penyelesaian dengan menggunakan kemampuan matematis yang telah dimiliki. Penelitian yang dilakukan penulis adalah berkenaan dengan pengembangan modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi barisan dan deret kelas XI di SMA N 1 Sipispis. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah pengembangan Thiagarajan tahap 3-D yaitu: Define (pendefinisian), Design (desain), dan Development (pengembangan). Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah modul berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi barisan dan deret memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil dari penilaian 3 orang validator dengan cara mengisi angket penilaian dengan skor rata-rata 4,01 dan berada pada kategori baik, praktis diperoleh melalui angket respon peserta didik dengan skor rata-rata 3,86 dan berada pada kategori baik, dan efektif diperoleh melalui tes hasil belajar peserta didik dengan skor rata-rata 77% dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M., (2003), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Afriansyah, e. A. (2016). Makna realistic dalam RME dan PMRI. LEMMA.2(2).96-104

Krisdianto Hadiprasetyo, Annisa Prima Exacta, Alyaa Maharani. Analisis Kesulitan Belajar Pada Matematika Dengan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Selama Masa Darurat Covid-19 Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 Ngadirojo Tahun Ajaran 2019/2020

Manullang Sudianto, dkk. (2017). Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Pusdiklat Kemdikbud. (2020). SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) – Pusdiklat pegawai kementrian peniddikan dan kebudayaan. Https://pusdiklat.kemendikbud.go.id/.

Soviawat, evi. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Ditingkat Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia Vol. 9 No. 2 Halaman 79-85:Http://Jurnal.Upi.Edu/File/9-Evi_Soviawati-Edit.Pdf. (13 April 2022)

Downloads

Published

2023-10-30