ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA DALAM KEMAMPUAN NUMERASI PADA BANGUN RUANG
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1128Keywords:
berpikir matematis, kemampuan numerasi, bangun ruangAbstract
Berpikir matematis dipandang sebagai cara memahami masalah matematika berbagai sumber kajian terhadap objek matematika. Numerasi atau literasi numerasi merupakan literasi yang dikenal paling awal dalam sejarah peradaban manusia. Keduanya tergolong literasi fungsional dan bermanfaat dalam kehidupan. Berdasarkan hasil wawancara siswa kelas 7 di SMP Islam 17 Miftahul Ulum tentang materi bangun datar bahwa sebagian siswa belum paham, sejalan dengan kemampuan numerasi yang semakin menurun. Penelitian ini dirancang dengan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat yang telah diuraikan diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa kelas 7 SMP Islam 17 Miftahul Ulum pada materi Bangun ruang terbilang rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil lembar kerja yang sebagian besar nilainya masih kurang. Kesalahan siswa dalam mengerjakan soal latihan merupakan kesalahan yang seharusnya ditingkat SMP harus bisa dikurangi. Maka pentingnya meningkatkan kemampuan siswa pada numerasi agar hal-hal semacam tidak muncul kembali. Guru juga harus berinovasi dan kreativitas untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa.
Downloads
References
Amalia, R., Panglipur, I. R., & S, D. A. C. (2019). PENGEMBANGAN KARTU MATEMATIKA ASYIK (KARMAS) UNTUK MENUNJANG MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT). Laplace, 1(2), 81–90.
D, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381
I Wayan Sumandya, I Wayan Eka Mahendra, NI Made Suwarni, I. R. P. (2020). Developing Assessment Of Vocation-Based Hots On Mathematics Subject For X Class Of Vocational School. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(02), 2900–2903.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Mardliyah, A. A. (2019). Budaya Literasi Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Di Era Industri Revolusi 4.0. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) UNIM, 0(1), 171–176.
Marina, E. Y., & Yani, A. T. (2016). Proses Literasi Matematis Dikaji Dari Content Space And Shape Dalam Materi Geometri Di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(11), 1–11. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17415
Meliyanti, M., Raraswati, P., Nuruddin Hidayat, D., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1973
Panglipur, I. R., & Mahendra, I. W. E. (2022). Kemampuan Berpikir Matematis Dengan Kajian Metode Pemikiran Analogi Untuk Permasalahan Literasi Numerasi. Laplace?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 434–439. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.792
Panglipur, I. R., & Putra, E. D. (2018). Analisis pemahaman konsep dasar geometri dengan pembelajaran metode penemuan terbimbing pada mata kuliah geometri. Jurnal Laplace, 1(1), 33–40.
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pioneer Karanganyar. J+Plus Unesa, 6(2), 1–12.
Shofana, N. (2022). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Pemenuhan Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas Di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1), 26–35. https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.27046
SYAHRIAL, S. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Tenaga Kerja Di Indonesia. Jurnal Ners, 4(2), 21–29. https://doi.org/10.31004/jn.v4i2.1022
Syofian, M., & Gazali, N. (2021). Kajian literatur: Dampak covid-19 terhadap pendidikan jasmani. Journal of Sport Education (JOPE), 3(2), 93. https://doi.org/10.31258/jope.3.2.93-102
Zubaidah , Ayub Yusniatul. (2012). “Berpikir matematis Rigor siswa sekolah dasar ditinjau dari aspek kemampuan matematika dalam memecahkan masalah matematika dalam memecahkan masalah matematika pokok bahasan pecahan” Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya. 1-2