PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1127Keywords:
matematika, kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran berbasis masalahAbstract
Yang menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas 2-A SDN Cipinang Muara 05 Pagi dengan materi pembelajaran pecahan sederhana dan . Model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang efektif menjadi sebab dari adanya permasalahan tersebut. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif, dimana peneliti berkolaborasi dengan guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus berlangsung selama dua hari. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan terlihatnya selisih antara siklus I dan siklus II sebesar 65%.
Downloads
References
Abdiilah, I. I., & Haryanti, Y. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Sciens Research (PJMSR), 2(1), 49–56. http://digilib.uns.ac.id
Alhadad, I., Hamid, H., Syam Tonra, W., & Siddik, R. (2020). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 223–236. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2288
Arbain, S., Alhaddad, I., & Tonra, W. S. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(3), 294–301.
Aritonang, N. H. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP SWASTA PAB 18 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020.
Handayani, R. H., & Muhammadi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 8(5), 78–88.
Ikawati, W. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa dengan Menggunakan Metode Problem Based Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP …, 14(2), 186–193. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/1567%0Ahttps://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/download/1567/1053
Khasanah, N., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV COMIC MEDIA DEVELOPMENT USING PROBLEM BASED LEARNING MODEL ON ANIMAL CLASS IV SD ’ S LIFESTYLE MATERIALS. 2(1), 25–35.
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Nadhifa, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.477
Nofziarni, A., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. 3(4), 2016–2024.
Pratiwi, R., & Musdi, E. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. 10(1), 85–91.
Rahmadhani, F., & Widiah, D. (2022). Literature Review Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Bahan Ajar. 204–212.
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.279
Supraptinah, U. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Litbang Sukowati?: Media Penelitian Dan Pengembangan, 2(2), 13. https://doi.org/10.32630/sukowati.v2i2.37
Susilawati, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem-Bassed Learning Di Sman 2 Bandung. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 67–79. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.16406
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Violita, G., Syahbana, A., & Septiati, E. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP PGRI 1 Palembang pada Materi Segiempat. Laplace?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 169–179. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.551
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basiceduasicedu, 5(6), 6349_6356.
Yurniwati. (2019). Pembelajaran Aritmatika di Sekolah Dasar (P. Latifah (ed.)). PT REMAJA ROSDAKARYA.