ANALISA HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DAN LURING
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1124Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Daring, Pembelajran LuringAbstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar matematika pada siswa dalam pembelajaran daring dan luring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini meliputi pedoman wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari nilai hasil belajar siswa kelas VII SMP dari 3 sekolah yang berbeda diantaranya SMPN 14 Jember, SMP Islam Bustanul Ulum Pakusari, SMPN 4 Kalisat. Hasil belajar yang diambil berupa nilai siswa saat pembelajran matematika secara daring dan secara luring, dimana terlihat hasil analisa pada pembelajaran daring siswa SMPN 14 Jember mencapai 77,4%, SMP Islam Bustanul Ulum Pakusari mencapai 84,6%, dan SMPN 4 Kalisat mencapai 60% Sedangkan pada saat pembelajaran luring siswa SMPN 14 Jember mencapai 100%, SMP Islam Bustanul Ulum Pakusari mencapai 100%, dan SMPN 4 Kalisat mencapai 72%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik dengan menggunakan pembelajaran luring dari pada menggunakan pembelajaran daring.
Downloads
References
Destyana, V. A., & Surjanti, J. 2021. Efektivitas Penggunaan Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1000–1009.
Djamaluddin, A., & Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Ergusni. 2019. Pembelajaran Matematika Dengan Realistic Mathematics Education (RME).1907294.
Fadhilah, A. N. 2021. Peran Guru Pada Proses Pembelajaran Luring Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Islam Perkemas Bandar Lampung.
Islamiah, N.S. 2019. Hubungan Kemampuan Pengelolaan Pembelajaran Guru PAI dan Tingkah Laku Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar PAI Pada SMP PGRI 396 Kelapa Dua.
Jannah, M. 2021. Efektifitas pembelajaran sistem luring melalui metode belajar dari rumah pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Islamiyah Puri Kabupaten Barito Timur.
Kembang, L. G. 2020. Model Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Hasil Belajar Mata Pelajaran Ski (Studi Pada Siswa Kelas VIII) Mts Darul Ishlah Ireng Lauk Tahun Pelajaran 2019/2020. International Journal of Hypertension, 1(1), 1–171.
Lutfiyah, L., & Roviati, E. 2020. Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 181-190.
Mahfia. 2014. Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pai Siswa Di Sdn 2 Balangnipa Sinjai. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.
Murtinasari, F.,Djamali, M.F. 2022. Analaisis Literasi Digital Geometri Tentang Konsep Ruang dan Bentuk Pada Mata Kuliah Geometri Dasar.RELEVAN: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(4), 434-438.
Putri, A., Sumardani, D., Rahayu, W., & Hajizah, M. N. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Generative Learning Dan Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core). 9(1), 108–117.
Purnomo, F.N. 2022. Penggunaan Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Berbah Sleman. EDSUAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(2), 430-440