PENGGUNAAN APLIKASI EMT (EULER MATH TOOLBOX) DALAM PENYELESAIAN SOAL SPL MATA KULIAH METODE NUMERIK
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1123Keywords:
EMT, SPL, metode numerikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan aplikasi EMT (Euler Math Toolbox) dalam menyelesaikan SPL (Sistem Persamaan Linier) pada mata kuliah Metode Numerik. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester enam jurusan Pendidikan Matematika di salah satu universitas swasta di Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kelompok eksperimen yang menggunakan EMT dalam menyelesaikan SPL adalah 85, sedangkan rata-rata skor kelompok kontrol yang menggunakan metode manual adalah 75. Dari hasil uji-t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,4 dengan signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 38, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan EMT dalam menyelesaikan SPL dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan SPL dan keterampilan matematika. Oleh karena itu, penggunaan EMT dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang efektif dalam mata kuliah Metode Numerik.
Downloads
References
Atkinson, K. E., & Han, W. (2009). Elementary numerical analysis (3rd ed.). Wiley.
Burden, R. L., & Faires, J. D. (2010). Numerical analysis (9th ed.). Brooks/Cole.
Chapra, S. C., & Canale, R. P. (2010). Numerical methods for engineers (6th ed.). McGraw-Hill.
Gautschi, W. (2011). Numerical analysis: An introduction (2nd ed.). Birkhäuser.
Kincaid, D., & Cheney, W. (2012). Numerical analysis: Mathematics of scientific computing (3rd ed.). American Mathematical Society.
Munandar, U., & Kurniawati, N. (2017). Penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika di era digital. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 56-63.
Saad, Y. (2003). Iterative methods for sparse linear systems (2nd ed.). Society for Industrial and Applied Mathematics.
Santosa, B. (2015). Metode Numerik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Trefethen, L. N., & Bau, D. (1997). Numerical linear algebra. SIAM.
Wijaya, A. (2016). Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi pada siswa kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 76-84.
Yusuf, M. (2018). Penggunaan aplikasi Euler Math Toolbox (EMT) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 43-52.