PERBEDAAN HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN TGT PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1122Keywords:
Quantum Teaching, Team Game Tournament, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa, dan (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar model pembelajaran Quantum Teaching dan Team Game Tournament (TGT) serta besar pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung dengan jumlah 352 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh siswa dari kelas VII B dan VII C yang berjumlah 64 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan uji t-test sampel tak bebas untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quatum Teaching dan Team Game Tournament, serta uji t-test sampel bebas untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa (2) ada pengaruh model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa dan (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara model pembelajaran Quantum Teaching dengan Team Game Tournament (TGT) pada materi aritmatika sosial kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Besar pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching adalah dan Team Game Tournament (TGT) sebesar.
Downloads
References
Aderson, Lorin W., & David R. Krathwohl, eds. 2017. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Afandi, Muhammad, Evi Chamalah, & Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Unissula Press. I. Semarang: Unissula Press.
Akhiruddin, Sujarwo, Haryanto Atmowardoyo, & Nurhikmah. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: CV. Cahaya Bintang Cemerlang.
Ali, Ichsan, & Suarlin. “Quantum Teaching Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Mahasiswa” (n.d.): 496–498.
Aliyyah, RR, FA Puteri, & A Kurniawati. 2017. “Pengaruh Kemandiriran Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA,” Jurnal Sosial Humaniora 8, no. 2 (2017): 126–143.
Astuti, Wahyu, & Firosalia Kristin. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1, no. 3 (2017): 155–162.
Astutik, Tri, & M. Husni Abdullah. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Dasar,” JPGSD 1, no. 2 (2013): 1–11.
DePorter, Bobbi, Mark Reardon, & Sarah Singer Nourie. 2017. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Dr. Kadir. 2017. Statistika Terapan. Jakarta: RajaGarfindo Persada.
Fahrurrozi, & Syukrul Hamdi. 2017. Metode Pembelajaran Matematika. I. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.
Hamdani, Muhamad Surya, . Mawardi, & Krisma Widi Wardani. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 Untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 4 (2019): 440–447.
Hasratuddin. 2013. “Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika,” Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma 6, no. 2 (2013): 130–141.
Hayati, Sri. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.
Hidayah, Hikmah Nurul, Siti Khabibah, & Iesyah Rodliyah. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Materi Pokok Aritmetika Sosial Kelas VII,” Axioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 5, no. 1 (2020): 65–73.
Husain, Husriani, & Syaharuddin. 2017. “Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Pendekatan Quantum Teaching dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto,” pedagogy 5, no. 2 (2017): 50–65.
Irmansyah, Aditya Putra. 2019. “Perbandingan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dengan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Minat Belajar Matematika”. Mataram: Skrips.
Irviana, Ira. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD,” dalam Journal of EST 2, no.1 (2016): 56-70
Istiyono, Edi, Djemari Mardapi, & Suparno. 2014. “Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) Peserta Didik SMA,” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 18, no. 1 (2014): 1–12.
Jupri, Rosiana, Perry Zakaria, Majid, Resmawan, Isa, Dewi Rahmawaty. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Himpunan,” dalam Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi 10, no.2 (2022): 274-281
Nasional, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Vol. 4. Jakarta: Pusat Bahasa.
Ngatno. 2015. Buku Ajar Metodologi Penelitian. Semarang: Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Nurdyansyah, & Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. I. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.
Nurliani, Nina, Herman Subarjah, & Atep Sujana. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Peristiwa Alam,” Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 981–990.
Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Misykat 03, no. 1 (2018): 171–187.
Penulis, Tim. 2010. Aisyah: Al-Qur’an Dan Terjemah Untuk Wanita. Bandung: Penerbit JABAL.
Randa, Yogi. 2016. “Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa,” Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. May (2016): 31–48.
Ratnawati, Etty, & Yenie Marvina. “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara yang Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Turnamen) dengan Pembelajaran Konvensional” (n.d.): 9.
Sari, Ayu Mayang, Novi Susanti & Chika Rahayu. 2018. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Kelas VII,” Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika 4, no. 2 (2018): 61–68.
Siyoto, Sandu, & M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Kediri: Literasi Media Publishing.
Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Taufik Hendratmoko, Dedi Kuswandi, & Punaji Setyosari. 2017. “Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara,” Jinotep 3, no. 2 (2017): 152–157.
Tela, Vara Nina Yulian, & Yanry Budianingsih. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” 5, no. 01 (2019): 114–123.
Trisnawati & Dhoriva Urwatul Wutsqa. 2015. “Perbandingan Keefektifan Quantum Teaching dan TGT Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Prestasi dan Motivasi,” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2, no. 2 (2015): 11.
Wardani, Diah Kusuma & Ahmad Burhanuddin. 2021. "Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAPK Mata Pelajaran Ushul Fiqih di MAN 4 Jombang," dalam Journal of Education an Management Studies 4, no. 3 (2021): 29-36.
Widarto. 2017. Model Pembelajaran Cooperative Learning On Project Work. I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yani, Winda, Jufri & Arcat. 2016. “Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hail Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP IT Inayah Ujungbatu,” dalam jurnal Pendidikan Matematika, (2016): 1-5
Yusuf, Bistari Basuni. 2017. “Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif,” Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan 1, no. 2 (2017): 13–20.
Yusuf, Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Edited by Dodi Ilham. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo. Palopo.