ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1121Keywords:
Kemampuan berpikir kritis, Kemampuan Matematika, Soal ceritaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganlisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi segiempat pada mata pelajaran matematika. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, dengan mengambil subjek penelitian sebanyak lima siswa kelas VIII di sebuah SMP yang terletak di kecamatan Balung, Kabupaten Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode triangulasi, yaitu tes kemampuan berpikir kritis, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara mengurangi data yang tidak relevan, menyajikan hasil secara sistematis, dan menarik kesimpulan dari temuan yang telah diteliti oleh penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih rendah dalam menyelesaikan soal cerita dengan level High Order Thinking Skill (HOTS). Hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa masih memiliki kemampuan matematika yang rendah dalam aspek berpikir kritis, di mana ada empat indikator berpikir kritis, yakni mampu merumuskan pokok permasalahan, mampu menuliskan fakta, mampu mengerjakan soal dengan jawaban yang logis, serta mampu mengecek ulang jawaban yang telah dibuat.
Downloads
References
Amalia, N. F., Aini, L. N., & Makmun, S. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Tingkat Kemamampuan Matematika. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 97. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.587
Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194.
Ariyani, E. A., Baidowi, B., Wahidaturrahmi, W., & Hikmah, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Narmada Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 623–634. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.217
Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa Smk Dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash Cs 4.0. Infinity Journal, 4(2), 197. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.84
Didik Sugeng Pambudi, Wulandari, R. D., Inge Wiliandani Setya Putri, Dian Kurniati, & Reza Ambarwati. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Adversity Quotient (Aq) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Http://Jurnal.Ugj.Ac., vol 6(4), 624–638.
Fajri, M. (2017). Kemampuan Berpikir Matematis Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Jurnal LEMMA, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1884
Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Krirtis Siswa SMP Kelas XI Pada Materi Kesebangunan. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016, Knpmp I, 276–285.
Hidayat, F., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J. L., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa Smp Terhadap Materi Spldv. Journal on Education, 1(2), 515–523. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/106
Koda, N. A., Surahmat, & Fathani, A. H. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK MAN 01 ALOR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI TINGKAT KECERDASAN LINGUISTIK-VERBAL Nurfitri. 18(2).
Mardiyanti, A. S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika siswa. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 19(1), 939–946.
Megayana, I. W., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (Resik) Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha.
Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), 23–33.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3, 155–158. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/%0A
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.
Wiryanto, W., Ainurrohmah, I., & Yasin, F. N. (2021). Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Masa Pembelajaran Online Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar?: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(3), 186–193. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p186-193