MENINGKATKAT PEMAHAMAN MAHASISWA TERKAIT PEMBELAJARAN NUMERIK MATEMATIK DENGAN ITERASI GAUS SEIDEL
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1120Keywords:
Meningkatkan pemahaman, Gaus seidelAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah metode numerik dengan menggunakan metode yang berbeda, salah satunya terkait dengan materi Iterasi Gaus Seidel. Penelitian dilakukan di salah satu universitas Muslim Nusantara Alwashliyah Medan. Penelitian dilakukan tepat pada semester enam tahun ajaran 2023/2024 untuk mahasiswa semester atas dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tiga tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari empat tahap pertama yaitu perencanaan, observasi, pelaksanaan tindakan dan evaluasi. Hasil materi yang terekam dalam proses pembelajaran dievaluasi secara deskriptif sehingga dapat diperoleh pernyataan tentang pembelajaran siswa terkait dengan materi ulangan Gaus-Seidel mata pelajaran Metode Numerik.
Downloads
References
Niyyaka, (2016). Perbandingan Metode Iterasi Jacobi dan Iterasi Gauss-Seidel Dalam Penyelesaian Sistem Persamaan Linear dengan Menggunakan Simulasi Komputer. Universitas Negeri Lampung.
Nugroho, S. (2008). Penyelesaian Sistem Persamaan Linier dengan Metode Iterasi.
Saad, Y. (2003) . Iterative Methods for Sparse Linear Systems, Second Edition. The Society for Industrial and Applied Mathematics.
Salkuyeh, D.K. 2007. Generalized Jacobi and Gauss-Seidel Methods for Solving Linear Sistem of Equations. Numerical Mathematics, A Journal of Chinese Universities, 16: 164-170.
Syahbana, A. (2013). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa melalui penerapan strategi metakognitif. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(02).
Triatmodjo, B. 2002. Metode Numerik. Yogyakarta: Beta Offset