MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG KELILING BANGUN DATAR DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADASISWA KELAS III DI SDN CIPINANG MUARA 05 PAGI
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1119Keywords:
keterampilan menghitung, Cooperative Learning, Matematika.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menghitung keliling bangun datar melalui penerapan model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas III SDN Cipinang Muara 05 Pagi, Jakarta Timur. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Cipinang Muara 05 Pagi, Jakarta Timur yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 14 perempuan dan 15 laki-laki.jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun data dalam peneltian ini didapatkan dengan teknik observasi menggunakan lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berhasil meningkatkan keterampilan menghitung keliling bangun datar pada siswa kelas III di SDN Cipinang Muara 05 Pagi. Sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-rata kelas sebesar 50 dengan tingkat ketuntasan sebesar 14% atau hanya 4 siswa saja yang tuntas sementara 25 siswa lainnya belum tuntas. Pada siklus I, terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 65 dengan tingkat ketuntasan sebesar 48% dan tingkat ketidaktuntasan sebesar 52%. Hal ini menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 34% dibandingkan dengan pra tindakan. Kemudian, pada siklus II terjadi peningkatan lagi dengan nilai rata-rata kelas mencapai 80 dan tingkat ketuntasan sebesar 83%. Terjadi kenaikan nilai rata-rata sebesar 35% dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD telah berhasil meningkatkan keterampilan menghitung keliling dan luas bangun datar siswa.
Downloads
References
Anas Sudijono. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Press.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2010). The Impact of Cooperative , Competitive , and Individualistic Learning Environments on Academic Achievement The Impact of Cooperative and Competitive Learning Environments on Academic Achievement. January 2013, 1–9.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Action Research Planner Book. In Springer Science+Bussiness Media Singapore.
Lastrijanah, Prasetyo, & Mawardini. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa Effect of Geoboard Learning Media To Student Learning Results. Didaktika Tauhidi P-ISSN, 4(2), 87–100.
Marzuki, I., & Wahyudi, A. (2019). Daftar Mata Pelajaran yang Kurang disukai. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(2), 24–32.
Noviyanti, A. D., Wahyudin, & Prasetyo, A. P. (2020). The Effect of Cooperative Learning STAD Type on Students’ Social Skills and Learning Outcomes in Mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(2), 144–150.
Wijayanti, D. A., Cahyono, A. E., & Nurcahyo, P. P. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pembelajaran penjasorkes. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 102–110.