KORELASI ANTARA KARAKTER DAN KREATIVITAS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Rina Wijayanti IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia
  • Muchammad Masllikhan IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia
  • Donna Avianty IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1116

Keywords:

Korelasi, Karakter, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan atau korelasi antara karakter dengan hasil belajar matematika, untuk mengetahui hubungan atau korelasi antara kreativitas dengan hasil belajar matematika, serta mengetahui hubungan atau korelasi antara karakter dan kreativitas secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika siswa kelas IX di MTs Nurul Islam. Metode yang digunakan peneliti adalah metode survei dengan cara pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen angket dan nilai ulangan untuk memperoleh data dari siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil yang memuaskan bahwa terdapat hubungan atau korelasi yang positif antara karakter dengan hasil belajar matematika siswa, terdapat hubungan atau korelasi positif antara kreativitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa, dan terdapat hubungan atau korelasi positif antara karakter dan kreativitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Hal ini nampak pada model correlations dan persamaan regresi yang signifikan yang diperoleh mencapai 0,675 dan melalui koefisien determinasi diketahui bahwa karakter dan kreativitas belajar matematika siswa memberikan kontribusi terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 42,2 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Julian, dkk. 2007. Belajar Kepribadian The accelerated Learning For Personality mengoptimalkan kemampuan Berpikir, Bersikap, Berbicara, Bertindak, dan Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Baca.

Munandar, Utami. 1999. Pengembangan Kreativitas anak berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Riduwan. 2005. Belajar Mudah penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Sudjana, Nana. 1989. Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.

Uno, Hamzah B. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Bintoro, H. S., & Zuliana, E. 2015. Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Refleksi Edukatika, 4(1), 1-15.

Galingging, F. L., & Siagian, R. E. F. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika. In 7| Korelasi Kreat ifit as Belajar Matemat ika.

Leonard L. dkk. (Eds.), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp.100-105). Universitas Indraprasta PGRI.

Wilda, W., Salwah, S., & Ekawati, S. 2017. Pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 134-144

Downloads

Published

2023-06-08

Issue

Section

Articles