EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI PROKRASTINASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1115Keywords:
Pendekatan realistic Mathematic education (RME), prokrastinasi, hasil belajarAbstract
Prokrastinasi akademik adalah keterlambatan dalam menyelesaikan tugas terkait akademik di sekolah atau di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan realistic mathematic education (RME) dalam menurunkan hasil belajar prokrastinasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Sampel penelitian ini adalah 25 siswa yang teridentifikasi memiliki perilaku prokrastinasi akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket prokrastinasi akademik dan tes hasil belajar. Berdasarkan teknik analisis data diketahui adanya penurunan yang signifikan dibandingkan dengan sebelum dan sesudah perlakuan. Ditunjukkan nilai signifikansi yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel pada tingkat signifikansi ???? = 0,05, dengan nilai 7,12. Maka dapat disimpulkan bahwa ho diterima. Hal ini berarti menolak Ho dan menerima hipotesis alternatif (HI), sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Educational Mathematics (RME) berpengaruh terhadap hasil belajar yang menurunkan prokrastinasi akademik pada siswa di SMA Islam Miftahul Ulum.
Downloads
References
Amelia, M., Arief, Y., & Hidayat, A. 2018. Hubungan Antara Kedisiplinan Melaksanakan Shalat Wajib Dengan Prokratinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau. An-Nafis?: Jurnal Fakultas Psikologi, 13(1).
Andriyani, R., & Firmansyah, D. 2017. Hubungan Self-Efficacy Terhadap Prokrastinasi Akademik Matematika. Prosiding Sesiomadika, Vol 2 No 1(2017).
Astuti, C. Y., & Altaftazani, deden H. 2021. Pembelajaran Pemahaman Konsep Matematik Siswa SD Kelas V Materi Bangun Ruang Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 04(01).
Harmalis, H. 2021. Prokrastinasi Akademik dalam Perspektif Islam. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(1). https://doi.org/10.32939/ijcd.v2i01.876
Heryana, A. 2020. Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Penerbit Erlangga, Jakarta, June.
Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. 2020. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1). Https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103
Khoirunnisa, R. N., Jannah, M., Dewi, D. K., & Satiningsih, S. 2021. Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(3). https://doi.org/10.26740/jptt.v11n3.p278-292
Nopita, N., Mayasari, D., & Suwanto, I. 2021. Analisis Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMPS Abdi Agape Singkawang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(1). https://doi.org/10.26737/jbki.v6i1.1958
Purba, Y. V. 2020. Hubungan Self Efficacy Dengan Prokratinasi Akademik Mahasiswaakademi Keperwatan Surya Nusantara Pematangsiantar. Jurkessutra (Jurnal Kesehatan Surya Nusantara), 8(1).
Ralmugiz, U., & Kusumawati, M. 2020. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Math Educa Journal, 4(2). https://doi.org/10.15548/mej.v4i2.1819
Ridha, F., Suharti, S., Halimah, A., & Nur, F. 2021. Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2). https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.8378
Rismen, S., Putri, W., & Jufri, L. H. 2022. Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1093
Samosir, E. 2022. Kemampuan Literasi Matematika: Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1). https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23026
Siregar, N. F. 2021. Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635
Sukirwan, S., Fitri, P. R., Warsito, W., & ... 2022. Pembelajaran Himpunan Melalui Perancangan Hypothetical Learning Trajectory Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1).
Sumira, S., Putri, S. R., & Sari, A. M. 2022. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Sitiung. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/10.33603/caruban.v5i1.5753