DIGITALISASI MATERI ALJABAR BERBASIS VIDEO ANIMASI
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1114Keywords:
Digitaliasi, Aljabar, Pengembangan, Video Powtoon, MatematikaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuannya untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa video powtoon pada materi aljabar siswa kelas VII SMP. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Islam Wajak Hidayatul Mubtadiin sebanyak 10 siswa. Hasil analisis media pembelajaran berupa video powtoon berbasis karakter pada materi aljabar dengan menggunakan aplikasi Powtoon ,Inshoot dan aplikasi pendukung lainnya. Berdasarkan validasi oleh ahli media diperoleh nilai sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan validasi oleh ahli materi diperoleh nilai sebesar 100% dengan kategori “Sangat Layak”, sehingga media pembelajaran ini valid digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan pada analisis hasil respon siswa kelas VII SMP Islam Hidayatul Mubtadiin diperoleh hasil sebesar 96,8% dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil respon guru matematika sebesar 96% dengan kategori “Sangat Layak”, sehingga media pembelajaran ini praktis digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Depdiknas. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Daryanto, 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, Syaiful Bahri, Azwan Zain.2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ibrahim dan Suparni. 2012. Pembelajaran Matematika Reori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka Press
Astuti, Tri, 2013. Pengembangan Media Pembelajaran kartun 3D Berbasis Muvizu pada Mata Pelajaran Matematika di SD Lab School UNNES. Semarang : Universitas Negeri Semarang
Januszewski Alan and Michael Molenda.2008. Educational Technology. New York: Lawrence Erlbaun
Seels, B dan RC Richey. 1994.Teknologi Pembelajaran, Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Universitas NegeriJakarta
Sudjana dan Ahmad Rifa’i. 2010. Media Pengajaran yang efektif untuk siswa kelas VII. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R &D. Bandung: Alfabeta
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta. Pedagogia
Susilana Rudi dan Cepi Riyana.2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Standar Nasional Pendidikan (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta: Sinar Grafika.
Masykur, Rubhan, Nofrizal, Muhamad Syazali, Aji Arif Nugroho, Rizki Wahyu Yunian Putra, and Fredi Ganda Putra. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 2 (2017)
Salasela, Muharim, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Inquiry Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistik SMP. Ambon: Jurnal Matematika