PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERMUATAN KARAKTER TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL QUR’AN PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1111Keywords:
Video pembelajaran, bermuatan karakter, integrasi ayat-ayat al-Qur’an, pengembanganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran bermuatan karakter terintegrasi ayat-ayat al Qur’an yang mencapai kriteria valid, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian ini adalah adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah 3D oleh Thiagaraja, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Ma’arif 1 Dedai sebanyak 23 siswa dan 3 orang ahli media dan materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan soal posttest. Berdasarkan hasil penelitian validasi media pembelajaran berupa video pembelajaran dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 88,54% dalam kriteria sangat valid dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil penelitian validasi materi diperoleh skor rata-rata 88,20% dalam kriteria sangat valid dengan kategi sangat baik. Kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi oleh siswa dan guru yang diakumulasikan sehingga diperoleh presentase sebesar 89,61% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya keefektifan, dilihat dari nilai hasil pengerjaan posttest siswa yang dengan jumlah 10 orang siswa dengan presentase 86,25% dan nilai rata-rata siswa yang dihitung dengan rumus skor rata-rata dan dipresentasekan dengan keseluruhan nilai siswa sehingga diperoleh nilai sebesar 86,25 dengan berpatokan pada niali KKM sekolah yaitu 75, maka rata-rata hasil tes siswa memiliki kriteria tuntas dan tergolong sangat efektif.
Downloads
References
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 29. (Online), (https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298)
Ambarita, J. 2021. Workshop Pembuatan E-Book Sebagai Bahan Ajar Elektronik Interaktif Untuk Guru Indonesia Secara Online Di Tengah Covid 19. Community Engagement and Emergence journal (CEEJ), 2(1), 44-57.
Anggreni, F. 2019. Relevansi Pembelajaran Matematika Dengan Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Materi Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1).
Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. 2020. Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097
Mahadewi, Luh Putu Putrini., dkk. 2012. Media Video Pembelajaran. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Media Jakarta.
Muchtar, D., & Suryani, A. 2019. Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57.
Muryaningsih, S., & Mustadi, A. 2015. Jurnal Prima Edukasia. Jurnal Prima Edukasia, 3, 190–201. htttp://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index
Nesri, F. D. P. 2020. Pengembangan Modul Ajar Cetak Dan Elektronik Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Abad 21 Siswa Kelas XI SMA Marsudirini Muntilan. In Program Studi Pendidikan Matematika.
Rahmatulloh, A. 2021. Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Moralitas Peserta Didik Kelas VI di MIN 10 Bandar Lampung. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 7, Issue 2).
Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. 2017. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413
Wahyana, R. 2018. Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan ProShow pada Materi Satuan Ukur dan Berat. In Universitas Islam Negeri Raden intan Lampung.