MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1110Keywords:
berbasis masalah, LKPD, proses, hasilAbstract
Penelitian ini difokuskan untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PBL dan media yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 siklus, selama bulan Oktober dan November 2022. Peserta didik yang menjadi subjek penelitian yaitu berasal dari kelas VII.8, VII.9, dan VIII.9 SMP Negeri 16 Palembang. Pembuatan media khususnya LKPD sangat ditekankan dalam penelitian ini, karena LKPD merupakan pengganti peran pendidik dalam proses pembelajaran. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini, pada setiap siklus, melalui pengamatan oleh observer dan pendidik, diperoleh kekurangan dari segi proses pembelajaran dan hasil belajar. Pendidik berusaha memperbaikinya pada pembelajaran siklus berikutnya sehingga diperoleh proses dan hasil belajar yang lebih baik.
Downloads
References
Adawiyah, R. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Skripsi yang dipublish. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Amir, Z. 2015. Mengungkap Seni Bermatematika dalam Pembelajaran. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 60-76.
Azka, R. 2019. Hubungan Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Gaya Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Matematika. JPPM : Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 23-31.
Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. 2021. Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(2), 920-929.
Heryanto, A.A.A, Jaeng, M., & Bennu, S. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar di Kelas VII A SMP Labschool Untad Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 6(1), 1-14.
Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi, 1(1), 21-32.
Kristina. 2022. Apa Jadinya Jika Tidak Ada Matematika di Dunia Ini? (Online), (https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5922744/apa-jadinya-jika-tidak-ada-matematika-di-dunia-ini), diakses 1 Desember 2022
Mayawati, Mulbasari, A.S., & Nurjannah. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning di Masa Pandemi. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 81-93.
Novalinda, R., Syahbana, A., & Septiati, E. 2020. Metode Reward and Punishment Pada Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(2), 259-270.
Nurkomaria, V., Lusiana, & Zainab. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 45-53.
Violita, G., Syahbana, A., & Septiati, E. 2021. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP PGRI 1 Palembang pada Materi Segiempat. LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 169-179.
Wulandari, M.R., Nurdiana, A., & Partono. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X IPA. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 116-125.
Yuniar, M. & Pertiwi, C.M. 2022. Penerapan Pendekatan Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika dan Motivasi Belajar Siswa MTs pada Materi Aljabar. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1149-1159.