PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI TRIGONOMETRI BERBANTUAN APLIKASI FILMORA

Authors

  • Wiwin Sabda Handika Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Lusiana Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Ety Septiati Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1109

Keywords:

filmora, trigonometri, video pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk video pembelajaran materi trigonometri berbantuan aplikasi filmora yang valid, praktis, dan efektif. Filmora merupakan suatu aplikasi editing video. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan prosedur pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan yaitu : 1) Analisis, 2) Perancangan, 3) Pengembangan, 4 ) Implementasi  5) Evaluasi. Video pembelajaran diujicoba di SMK Madyatama Palembang dan instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli, angket respon siswa dan lembar tes. Hasil penilaian dari ahli video pembelajaran dinyatakan “Sangat Valid”, dari hasil angket respon siswa diperoleh kategori “praktis”, dan dari hasil tes siswa setelah menggunakan video pembelajaran memiliki kriteria sangat efektif sehingga video pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, R. R. A. 2018. Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Doctoral dissertation: UIN Raden Intan Lampung.

Ervina, S. W. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Animasi 2 Dimensi Berbantuan Aplikasi Whondershare Filmora pada Materi Himpunan Kelas VII. Doctoral dissertation: UIN Raden Intan Lampung.

Iqbal, Muhammad., Latifah, Sri., & Irwandani. 2019. Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel YouTube dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring. Jurnal Kelitbangan, 135-148.

Khuzaini, N., & Santosa, R. H. 2016. Pengembangan multimedia pembelajaran trigonometri menggunakan adobe flash CS3 untuk siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 88-99.

Kurniawan, D. 2020. Editing Video Youtube dengan Filmora. Jakarta: PT Alex Media Kompotindo.

Mahmudi, A. 2009. Pengembangan Pembelajaran Matematika. (Online), (Http://staff. Uny. Ac. id/sites/default/files/tmp/Pengembangan% 20Pemb, 20).

Nida, H. H. & Nana. 2020. Penerapan Model POE2WE dalam Pembuatan Video Pembelajaran Fisika dengan Bantuan Aplikasi Filmora Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Psikomotor Siswa. (Online), (https://osf.io/a4pmd).

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. 2018. Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19.

Rahmah, N. 2013. Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Rahmawati, M., Sayu, S., Fitriawan, D., Suratman, D., & Ahmad, D. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Teorema Phytagoras menggunakan E-Comic Berbantuan Pixton. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 155-163.

Ridhona, R. 2020. Desain dan Uji Coba Video Pembelajaran dengan Bantuan Software Wondershare Filmora pada Materi Asam Basa. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Riduwan. 2020. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Syahbana, A. 2015. Trigonometri Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan Addie Model. Jurnal Ika, 11(1).

Trisiana, A., & Wartoyo, W. 2016. Desain Pengembangan model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui ADDIE Model untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. PKn Progresif, 11(1), 159079.

Downloads

Published

2023-06-08

Issue

Section

Articles