PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTUAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1108Keywords:
E-Modul Berbantuan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker, Materi Turunan Fungsi AljabarAbstract
Penelitrian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbantuan aplikasi kvisoft flipbook maker materi turunan fungsi aljabar yang valid, praktis, keefektifan. Jenis penelitian yang diambil adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model tahapan ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subject penelitian yang diambil terdiri dari 34 peserta didik kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Martapura. Uji kevalidan diperoleh melalui lembar validasi oleh 2 validator dan 1 guru mendapatkan skor rata-rata sebesar 92,4% sehingga e-modul dapat dinyatakan sangat valid. Uji kepraktisan diperoleh melalui angket respon peserta didik mendapat skor rata-rata 89,2% sehingga e-modul dapat dinyatakan sangat praktis. Uji coba keefektifan diperoleh melalui skor rata-rata 78,5% sehingga dapat dinyatakan efektif. maka dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran yang telah dikembangkan bersifat sangat valid, sangat praktis, dan efektif.
Downloads
References
Abidin , Z. &Walida, E.S. (2017). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Case (Creative, Active, Systematic, Efective) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Geometri Transformasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar Dan Kompetensi Mahasiswa.
Arini, T. (2017). Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI): dampak terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi.
Dwi Rahmawati (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Dengan Menggunakan Sigil Software Pada Materi Pembelajaran Fisika. Univesitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Firdaus, M. (2019). Pengembangan Aplikasi Math Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Segitiga dan Segi Empat Kelas VII SMP .Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Herawati, S. N. & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA.
Iqbal, Muhammad., Latifah,Sri., & Irwandani. (2019). Pengembangan Vidio Blok (Vlog) Chanel YouTobe dengan Pendekatan Steam Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring.Jurnal Kelitbangan.
Mulyaningsih, N. N. & Saraswati, L. D. (2018). Penerapan Media Pembelajran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker.
Prastowo, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Purwanto, N. (2017). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan E-modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surani, Dewi. (2019). Studi Literasi: Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0.
Wibowo, Edi. (2018) “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker”.
Widoyoko, E. P. (2019). Evaluasi program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijayanto, M. S. (2014). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Book Maker Dengan Model Project Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Mathematics and Sciences Forum, 625-628
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara..