LEARNING OBSTACLE PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR UNTUK SISWA SMA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1107Keywords:
Tes Diagnostik, Analisis RPP, Analisis Buku Teks, WawancaraAbstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah masih terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai macam learning obstacle yang dialami peserta didik dan berbagai penyebab hambatan belajar tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Analisis learning obstacle dilakukan dengan menganalisis hasil tes diagnostik, analisis buku teks, analisis RPP dan melakukan wawancara terhadap guru mata pelajaran serta memberikan tes diagnostik kepada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Shailendra. Melalui analisis yang dilakukan peneliti pada pembelajaran turunan fungsi aljabar maka diperoleh learning obstacle yang dialami siswa pada materi turunan fungsi aljabar terdiri dari 1) Masih terdapat siswa yang belum memahami operasi aljabar. 2) Siswa mengalami kesulitan dalam menentukan nilai limit fungsi. 3) Siswa kesulitan menentukan turunan fungsi menggunakan definisi turunan. 4) Siswa masih kesulitan dalam menemukan turunan fungsi menggunakan sifat-sifat turunan. 5) Masih terdapat siswa yang kesulitan dalam menentukan turunan fungsi dengan menggunakan variabel tak biasa. 6) Siswa mengalami kesulitan dalam menggambar grafik fungsi kuadrat. 7) Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah konteksual turunan yang berkaitan dengan nilai maksimum dan minimum.
Downloads
References
Arroida, A. K., & Retnawati, E. (2018). Analisis buku teks pelajaran matematika wajib kelas x sma. Jurnal Pedagogi Matematika, 7(3), 23-35.
Budiani, S., Sudarmin, S., & Syamwil, R. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 45-57.
Dangnga, M. S., & Muis, A. A. (2015). Teori belajar dan pembelajaran inovatif. Makassar: Sibuku Makassar
Firouzian, S. S. (2013). Students’ way of thinking about derivative and its correlation to their ways of solving applied problems. In Proceedings of the 16th Annual conference on research in undergraduate mathematics Education (pp. 492-497).
Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical learning trajectory pada pembelajaran bilangan negatif berdasarkan teori situasi didaktis di sekolah menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13-24.
Haqq, A. A., Lestari, M. A., Hidayah, I. H., Isnarto, I., & Susilo, B. E. (2022, September). Desain Didaktis Materi Turunan Fungsi Aljabar Berbasis Pembelajaran Daring. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 5, No. 1, pp. 137-151).
Hasanah, H. (2019). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar. Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 2(1), 76-84.
Kaplan, A., Ozturk, M., & Ocal M.F. (2015). Relieving of misconceptions of derivative concept with derive. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 1(1), 64-74.
Manullang, S., Kristianto S, A., Hutapea, T. A., Sinaga, L. P., Sinaga, B., Marianus S, M., & Sinambela, P. (2017). Matematika. Jakarta: Pusat kurikulum dan perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Nanda, M. H. M. (2021). Upaya peningkatan prestasi belajar siswa dengan melihat kesalahan dalam mengerjakan soal materi turunan kelas XI IPA SMA Stella Duce Bambanglipuro tahun ajaran 2020/2021. (Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta).
Pratiwi, Y. B. (2020). Desain didaktis materi turunan fungsi aljabar: Sebuah penelitian kualitatif terhadap siswa kelas XII pada salah satu sekolah menengah atas di Bandung. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Sakti, N. D. (2017). Diagnosis kesalahan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Yogyakarta pada pokok bahasan turunan. 62.
Septyawan, S. R., Suryadi, D., & Nurjanah. (2019). Learning obstacle pada konsep fungsi sebuah studi fenomenologi hermeneutik. In D. Suryadi, Monograf 2 didactical design research (DDR) (pp. 7-74) Bandung: Gapura press.
Subandi, Ayub. (2019). Aljabar dan Kalkulus. Bandung: Rekayasa sains.
Sumbandari, A., Misdalina, M., & Fuadiah, N. F. (2022). Abstraksi Matematika Sebagai Epistemological Obstacles dalam Pemodelan Pembelajaran SPLDV di Sekolah Menengah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 69-83.
Suryadi, D. (2019). Landasan filosofis penelitian desain didaktis (DDR). Bandung: Gapura press.
Wulandari, AS (2022). Hambatan Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Turunan Fungsi Aljabar Berdasarkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Ditinjau Dari Kategori Avaem (Disertasi Doktor, Universitas Pendidikan Indonesia).
Yuniarti, Y. S. (2020). Modul pembelajaran SMA matematika umum. Karawang: Direktorat SMA, Direktorat Jenderal Paud, Dikdas Dan Dikmen.