ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL

Authors

  • Desty Haswati Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Anisa Fadila Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan, Indonesia
  • Ratu Sarah Fauziah Iskandar Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Sigit Raharjo Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1106

Keywords:

kemampuan penalaran matematis, minat belajar, analisis real

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis dan minat belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa semester 5 kelas A1 yang terdiri dari 25 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 8 mahasiswa (32%) memiliki kemampuan penalaran matematis dengan kategori tinggi, 15 mahasiswa (60%) memiliki kemampuan penalaran matematis dengan kategori sedang, dan 2 mahasiswa (8%) memiliki kemampuan penalaran matematis dengan kategori rendah. Rata-rata nilai kemampuan penalaran matematis mahasiswa sebesar 66,8 dengan kategori sedang. Berdasarkan angket minat belajar diperoleh persentase rata-rata jawaban mahasiswa secara keseluruhan sebesar 45,10% yang berarti bahwa hampir setengahnya mahasiswa semester 5 kelas A1 memiliki minat belajar pada mata kuliah Analisis Real dan masih termasuk kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar mahasiswa mempengaruhi kemampuan penalaran matematis pada mata kuliah Analisis Real.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 4(4), 799–808. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–75.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Indoesia. PT Refika Aditama.

Pratiwi, Y. D. R. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas XI Kayu A di SMK Negeri 5 Yogyakarta Materi Vektor dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kahoot. Universitas Sanata Dharma.

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 1(2), 14–19.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(April), 1–10.

Wahyuni, M. (2017). Analisis Problematika Perkuliahan Analisis Real. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 135–149.

Wulandari, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Pemahaman Matematis pada Materi Permutasi dan Kombinasi. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(3), 200–209.

Yanti. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi, dan Konsep Diri Matematik Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Geogebra. Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-08

Issue

Section

Articles