ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1105Keywords:
Kesulitan siswa, Materi StatistikaAbstract
Penelitian ini berfokus pada analisis dan deskripsi kesulitan siswa kelas XII SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN dalam menyelesaikan soal Statistika. Metode penelitian kualitatif yaitu metode yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) reduksi data dengan memilih isu yang paling penting atau memfokuskan pada isu yang penting; 2) Penyajian informasi Menyajikan informasi tentang hasil karya siswa; dan terakhir 3) menarik kesimpulan. Untuk soal nomor 1, pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan mean (rata-rata) mendapat rata-rata 100%. Hasil penilaian tugas pemahaman matematis siswa pada tugas menentukan nilai modus data individu soal 2 mendapatkan rata-rata 100% pada tugas no 3 dalam menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan median pada data kelompok yaitu sebesar 40%. Siswa mengalami kesulitan untuk menyelesaikan soal-soal terkait mencari median dalam data kelompok, terbukti pada soal nomor 3 hanya dijawab dengan benar oleh 8 siswa dengan persentase 40%.
Downloads
References
Afriansyah, E. A., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., Mardiani, D., & Sundayana, R. (2019). The analysis of mathematics with ATLAS.ti. Journal of Physics: Conference Series, 1402(7). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/7/077097
Azis, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 64–72. https://doi.org/10.31219/osf.io/7fpjz
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Durohman, D., Noto, M. S., & Hartono, W. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI STATISTIKA SMA. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.31000/prima.v2i1.299
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
Farhan, M. S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kesulitan Matematika Siswa MA dalam Menyelesaikan Soal Menggunakan Taksonomi Bloom. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 307–314. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3234
Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.403
Maryati, I. (2017). Analisis Kesulitan Dalam Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Statistis. Prisma, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209
Mediyani, D., & Mahtuum, Z. Ar. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 385–392. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.385-384
Mustika, J., Wulantina, E., Indah Rahmawati, N., & Ferninda Sari, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Berdasarkan Gaya Berpikir Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Pmri) Berbantukan Kertas Berwarna. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1, 33. https://doi.org/10.32332/linear.v1i1.2208
Nasution, L. M. (2019). Dasar Statistika. Jurnal Al-Fikru Thn. XIII, No. 2, Juli – Desember 2019 • ISSN 1978-1326 Yang, 13(16), 141–145.
Satriawan, H. (2018). Problematika Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika SMP Kelas IX. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 278–285. http://jurnal.uns.ac.id/jpm
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317
Wati, E., & Saragih, M. J. (2018). Kesulitan Belajar Matematika Berkaitan dengan Konsep pada Topik Aljabar: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII Sekolah ABC Lampung. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 53–64.