PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI ANDROID PADA MATERI LINGKARAN
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1104Keywords:
Media Pembelajaran, Aplikasi Android, Materi LingkaranAbstract
Pada abad 21, pengetahuan, teknologi, dan informasi berkembang secara mengglobal dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pengembangan media pembelajaran melibatkan perkembangan teknologi yaitu media pembelajaran dengan aplikasi android. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran dengan aplikasi android yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Penelitian menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Objek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IX SMP N 2 Air Gegas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan hasil tes belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran dengan aplikasi android pada materi lingkaran dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase 88%, sedangkan kepraktisan media dengan rata-rata persentase 91% termasuk kriteria sangat praktis, serta keefektifan media dengan skor yang diperoleh 83% pada kriteria sangat efektif. Dengan demikian media pembelajaran dengan aplikasi android yang telah dikembangkan merupakan media yang valid, sangat praktis, dan sangat efektif, serta dapat digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika, Statistika, Dan Komputasi, 15(1), 1-11.
Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27-40.
Ardilla, A., & Hartono, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam. PHYTAGORAS, 6(2), 175-186.
Destiniar, Rohana, & Ardiansyah, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1797-1808.
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 12 Bandung. Axiom (Jurnal Pendidikan & Matematika), 7(1), 18-30.
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal Of Mathematics Education, 2(2), 59-69.
Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android Berbantuan SMARTS APPS CREATOR. Journal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745-1756.
Mashuri, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Budi Utama.
Muhammad, F., Nugroho, R. A., & Nugrahadi, D. (2016). Analisis User Experience Untuk Tingkat Keterpilihan Smartphone Android. KLIK- Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 4(1), 82-91.
Narmada, N., Darmawiguna, G. M., & Sunarya, M. G. (2015). Pengembangan Game Edukasi Tradisional Pupuh Berbasis Android. KARMAPATI, 4(5), 1-8.
Patahuddin, S. M., & Rokhim, A. F. (2009). Website Permainan Matematika Online Untuk Belajar Matematika Secara Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103-111.
Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran . Jakarta: Divisi Kencana.
Putra, R. S., Wiayati, N., & Mahatmanti, F. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2009-2018.
Rahayu, S. (2017). Mengoptimalkan Aspek Literasi Dalam Pembelajaran Kimia Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY, 1-16.
Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: Raja Grafindo Persada.
Ruswati, D., Utami, W. T., & Sanjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Tiga Aspek. Maju, 6(11), 91-107.
Rosiska, E., Yuliadi, & Syelfiyananda. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Virtual Learning Berbasis Android Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29-35.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Zaky, M. A., Syazali, M., & Farida. (2018). Pengembangan Media Android Dalam Pembelajaran Matematika. Triple S(Journal Mathematic Education), 1(2), 87-96.