ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI TKJ-3 DALAM MENYELESAIKAN SOAL RUTIN DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1099Keywords:
Pemecahan Masalah, Perbedaan GenderAbstract
Mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis yang dipunyai baik siswa laki– laki maupun perempuan di kelas XI TKJ-3 SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN dalam menyelesaikan masalah matematika dengan materi matriks merupakan tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis. Penelitian ini bersifat kualitatif, kemudian untuk memeriksa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu dengan memberikan tes bentuk soal uraian. Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas XI TKJ-3 SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN dengan jumlah 31 siswa, 5 laki-laki dan 26 perempuan. Data dianalisis berdasarkan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian diperoleh tidak dapat dikatakan bahwa siswa perempuan lebihh unggul dari siswa laki– laki maupun sebaliknya. Karena setiap siswa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi istilah perbedaan gender hanyalah sebuah pembeda yang digunakan untuk mengetahui bagaimana seseorang berperilaku agar dapat diterima di lingkungan sosialnya dan berfungsi sebagai faktor pembeda bagi setiap individu ketika memikirkan dan mengidentifikasi masalah yang memecahkan masalah yang dihadapinya.
Downloads
References
Afriansyah, E. A., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., Mardiani, D., & Sundayana, R. (2019). The analysis of mathematics with ATLAS.ti. Journal of Physics: Conference Series, 1402(7). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/7/077097
Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.304
Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.534
Ayuni, D. R. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender Pada Materi Geometri Dikelas XI Keperawatan 1 SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, https://eprints.umm.ac.id/44421/. https://eprints.umm.ac.id/44421/
Buranda, M. S., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Materi Lingkaran Siswa Smp Berdasarkan Gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 33. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p33-40
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517
MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano%0AProfil
Prof. Dr. Eti Nurhayati, M. S. (2014). Psikologi Perempuan dalam Berbagai Perspektif. In Pustaka Pelajar.
Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMK Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.317
Susilowati, J. P. A. (2016). Profil Penalaran Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 132–148. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.2.132-148
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897