ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI TKJ-3 DALAM MENYELESAIKAN SOAL RUTIN DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Authors

  • Andini Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan, Indonesia
  • Dian Ika Lestari Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan, Indonesia
  • Cut Latifah Zahari Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1099

Keywords:

Pemecahan Masalah, Perbedaan Gender

Abstract

Mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis yang dipunyai baik siswa laki– laki maupun perempuan di kelas XI TKJ-3 SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN dalam menyelesaikan masalah matematika dengan materi matriks merupakan tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis. Penelitian ini bersifat kualitatif, kemudian untuk memeriksa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu dengan memberikan tes bentuk soal uraian. Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas XI TKJ-3 SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN dengan jumlah 31 siswa, 5 laki-laki dan 26 perempuan. Data dianalisis berdasarkan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian diperoleh tidak dapat dikatakan bahwa siswa perempuan lebihh unggul dari siswa laki– laki maupun sebaliknya. Karena setiap siswa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi istilah perbedaan gender hanyalah sebuah pembeda yang digunakan untuk mengetahui bagaimana seseorang berperilaku agar dapat diterima di lingkungan sosialnya dan berfungsi sebagai faktor pembeda bagi setiap individu ketika memikirkan dan mengidentifikasi masalah yang memecahkan masalah yang dihadapinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriansyah, E. A., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., Mardiani, D., & Sundayana, R. (2019). The analysis of mathematics with ATLAS.ti. Journal of Physics: Conference Series, 1402(7). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/7/077097

Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.304

Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.534

Ayuni, D. R. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender Pada Materi Geometri Dikelas XI Keperawatan 1 SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, https://eprints.umm.ac.id/44421/. https://eprints.umm.ac.id/44421/

Buranda, M. S., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Materi Lingkaran Siswa Smp Berdasarkan Gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 33. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p33-40

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517

MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano%0AProfil

Prof. Dr. Eti Nurhayati, M. S. (2014). Psikologi Perempuan dalam Berbagai Perspektif. In Pustaka Pelajar.

Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMK Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.317

Susilowati, J. P. A. (2016). Profil Penalaran Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 132–148. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.2.132-148

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Downloads

Published

2023-06-08

Issue

Section

Articles