ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1098Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Penelitian Deskriptif Kuantitatif, SPLTVAbstract
Berpikir kritis adalah suatu proses manusia berpikir untuk melakukan kegiatan bertanya, menganalisis, menafsirkan, mengevaluasi, membuat kesimpulan serta penilaian apa yang mereka dengar, mereka katakan, dan mereka lihat. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di kelas X IPA sekolah SMA Negeri 8 Palembang. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Palembang tahun ajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini diambil secara acak adalah seluruh kelas X IPA-7 SMA Negeri 8 Palembang yang berjumlah 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes berbentuk uraian materi sistem persamaan linear tiga variabel. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, secara keseluruhan di dapat persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis sebesar 37,91 dikategorikan rendah. Dari masing-masing kelima indikator yaitu : memberikan penjelasan sebesar 43,77 dikategorikan sedang, membangun keterampilan dasar sebesar 30,30 dikategorikan rendah, mengatur strategi dan taktik sebesar 37,04 dikategorikan rendah, membuat penjelasan lebih lanjut sebesar 34,68 dikategorikan rendah, dan menyimpulkan sebesar 43,77 dikategorikan sedang.
Downloads
References
Anggara, R. P. (2022). Pengembangan Soal Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis (Critical ThinkingAbility) Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Bernuansa Islami Kelas X Madrasah Aliyah (MA) PP Al-Rasyid Simpang Tiga. Dalam R. P. Anggara, Pengembangan Soal Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis (Critical ThinkingAbility) Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Bernuansa Islami Kelas X Madrasah Aliyah (MA) PP Al-Rasyid Simpang Tiga (hal. 42-44). Riau: Universitas Islam.
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 68-77.
Hayati, S. D. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Masalah SPLTV Ditinjau Dari Gaya Belajar siswa SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. Jurnal UIN SATU Tulungagung, 1-11.
Herdiman, I., Nurismadanti, I. F., Rengganis, P., & Maryani, N. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP Pada Materi Lingkaran. Prisma, 1-10.
Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SD dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 115-127.
Lestari, K. E. (2014). IMPLEMENTASI BRAIN-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEM AMPUAN KONEKSI BERPIKIR KRITIS SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. Jurnal Pendidikan UINSIKA (JUDIKA), 1-11.
Kharisma, E. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Riview Pembelajaran Matematika, 62-75.
Paradesa, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Kontruktivisme Pada Mata Kuliah Matematika Keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 306-325.
Permanasari, V., Sugiarto, B., & Kurniawati, I. (2013). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 31-38.
Prihartiningsih, Zubaidah, S., & Kusairi, S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Pancasarjana Universitas Negeri Malang (hal. 1053-1062). Malang: Pros.Semnas Pascasarjana UM.
Rosmaiyadi. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Learning Cycle 7e Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12-19.
Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 20-24.
Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: ALFABETA.
Downloads
Published
Versions
- 2023-11-07 (2)
- 2023-06-06 (1)