ANALISIS TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA BUDI UTOMO PERAK

Authors

  • Ananda Regita Romadhona STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Arnis Ela Dwi Prameita STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Mahda Alvianita STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Eka Ayu Wulan Adha STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Jauhara Dian Nurul Iffah STKIP PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1097

Keywords:

teori belajar konstruktivisme, pembelajaran matematika, sekolah menengah atas

Abstract

Pembelajaran di tingkat sekolah menengah atas  tentunya tidak terlepas dari hubungan antara teori belajar yang diajarkan oleh seorang guru kepada siswa, guru juga bertugas menanamkan pembelajaran yang sesuai dengan nilai-nilai dasar yang telah disepakati oleh bangsa Indonesia. Pembelajaran yang terdapat pada konsep teori belajar konstruktivisme merupakan model pembelajaran yang menekankan pada aktivitas terkini siswa, seperti yang dikemukakan oleh Jean Piaget, ia menjelaskan bahwa proses belajar diawali dengan adanya aktivitas konflik kognitif, sehingga di akhir proses pembelajaran siswa akan membangun sendiri pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan. Konsep teori belajar konstruktivisme juga dikemukakan oleh Vygotsky, ia menjelaskan bahwa proses belajar konstruktivisme didasarkan pada interaksi sosial/membutuhkan bantuan orang lain (schafollding). Tujuan dari penulisan artikel ini untuk mendeskripsikan teori konstruktivisme yang diimplementasikan oleh guru dalam pembelajaran matematika terutama di tingkat sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan pedoman wawancara. Subjek pada penelitian ini yaitu guru matematika kelas XI MIPA 7 SMA BUDI UTOMO Perak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melakukan proses pembelajaran secara efektif, yaitu dengan melakukan interaksi aktif bersama siswa dalam proses pembelajaran. Penerapan teori ini ditunjukkan dengan munculnya semua tahapan dari teori konstruktivsme seperti tahap apersepsi, tahap eksplorasi, tahap diskusi dan penjelasan konsep, serta tahap pengembangan dan aplikasi konsep. Sehingga pada akhirnya siswa mampu mengkonstruk sendiri pengetahuannya dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Choiriyah, N. (2011) Pengaruh Pemberian Apersepsi Tanya Jawab terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Aritmatika Sosial pada Peserta Didik kelas VII MTS NU Nurul Huda Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Hamzah (2001) Pembelajaran Matematika Menurut Teori Belajar Konstruktivisme. 40th edn. Jakarta: Editorial Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayati, W.S. et al. (2022) ‘The Thinking Process of Class IX Students of Junior High School in Solving Problems Geometry’, Proceedings of the 2nd International Conference on Education and Technology (ICETECH 2021), 630(Icetech 2021), pp. 165–171. Available at: https://doi.org/10.2991/assehr.k.220103.025.

Iffah, J.D.N. (2021) ‘Pengaruh Penggunaan Media Worksheet terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), pp. 107–116. Available at: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.812.

Moleong, L. (2009) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pannen, P. (2005) Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Pinardi, J. (2018) ‘Pembelajaran konstruktivis pada sistem persamaan linear dua peubah’, Jurnal Pendidikan, 19(1), pp. 78–86. Available at: https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/930.

Rizky, E.S. and Zanthy, L.S. (2015) ‘Penerapan pembelajaran konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa smp’, Journal On Education, 1(3), pp. 142–146.

Said, A. and Budimanjaya, A. (2015) 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences?: Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Saputro, M.N.A. and Pakpahan, P.L. (2021) ‘Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran’, JOEAL (Journal of education and Instruction), 4(1), pp. 24–39. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2151.

Suparlan, S. (2019) ‘Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran’, Islamika, 1(2), pp. 79–88. Available at: https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208.

Yohanes, R.S. (2010) ‘Teori vygotsky dan implikasinya terhadap pembelajaran matematika’, Jurnal Widya Warta, XXXIV(2), pp. 854–1981.

Downloads

Published

2023-06-08

Issue

Section

Articles