Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Hamimah Hamimah Universitas Negeri Padang
  • Melva Zainil Universitas Negeri Padang
  • Yesi Anita Universitas Negeri Padang
  • Yullys Helsa Universitas Negeri Padang
  • Ary Kiswanto Kenedi Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.655

Keywords:

Pelatihan, Bahan Ajar, Digital, STEM

Abstract

Pengabdian ini dilatar belakangi oleh beberapa factor yaitu lemahnya pengetahuan guru mengenai sistem belajar dari rumah untuk siswa sekolah dasar, lemahnya keterampilan guru dalam merancangan dan melaksanakan pembelajaran dari rumah  serta lemahnya keterampilan guru dalam membuat bahan ajar digital untuk proses pembelajaran dari rumah. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru mengenai konsep pembelajaran dari rumah serta meningkatkan keterampilan guru untuk mendesaian bahan ajar digital berbasis STEM untuk pembelajaran pada masa pandemic covid-19. Metode kegiatan yang dilakukan yaitu pelatihan mengenai system belajar dari rumah, pelatihan STEM dan pelatihan pengambangan bahan ajar. Hasil pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan kemampuan guru SD dalam melaksanakan proses pembelajaran dari rumah serta mampu mengembangkan  bahan ajar digital berbasis STEM untuk pembelajaran pada masa pandemic covid-19 ini. Implikasi pengabdian ini dapat dijadikan sebagai landasan bagi praktisi pendidikan untuk meningkatkan kualitas guru dalam menghadapi pembelajaran pada masa pandemic covid-19 ini. 

References

Ahmad, S., Andika, R., Hendri, S., & Kenedi, A. K. 2020. Training Program on Developing HOTS's Instrument (The Improving Abilities for Elementary School Teachers). Digital Press Social Sciences and Humanities, 6, 00010.
BalRam, R. 2017. Pengaruh metode praktikum disertai feedback terhadap hasil belajar dan respon siswa kelas X pada materi larutan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6): 1-10.
Cunningham, C. M. 2017. Engineering in elementary STEM education: Curriculum design, instruction, learning, and assessment. New York: Teachers College Press.
Fitria, Y., Kenedi, A. K., & Syukur, S. K. 2021. The Effect Of Scientific Approach On Elementary School Students'learning Outcomes In Science Learning. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(1): 78-90.
Idzhar, A. 2016. Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2): 221-228.
Jayul, A., & Irwanto, E. 2020. Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2): 190-199.
Kenedi, A. K., Ahmad, S., Sofiyan, T. A. N., & Helsa, Y. 2019. The Mathematical Connection Ability of Elementary School Students in the 4.0 Industrial Revolution Era. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5): 458-472.
Kenedi, A. K., Eliyasni, R., & Fransyaigu, R. 2019. Jigsaw using animation media for elementary school. In Journal of Physics: Conference Series, 1424(1): 012027). IOP Publishing.
Kiswanto, A. 2017. The effect of learning methods and the ability of students think logically to the learning outcomes on natural sciences of grade ivs student. In 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017), (pp. 1040-1046). Atlantis Press.
Kurniawan, H., Susanti, E., & Arriyani, N. 2021. Menjadi Guru Yang Siap di masa Pandemi Covid-19, Melalui Workshop Penggunaan Edmodo dan google classroom pada pembelajaran Daring. Publikasi Pendidikan, 11(1): 63-67.
Miaz, Y., Zuardi, Z., & Putera, R. F. 2020. Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1): 19-25.
Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto, S. 2017. Bahan ajar berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3): 53-58.
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. 2020. Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2): 285-312.
Sobron, A. N., & Bayu, R. 2019. Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2): 30-38.
Suprihatin, S. 2015. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1): 73-82.
Surani, D., Kusuma, J. W., & Kusumawati, N. 2020. Platform Online Dalam Perkuliahan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9): 1338-1349.

Downloads

Published

2022-03-24

Issue

Section

Articles