STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN DARING DAN LURING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS 8 DI SMP ISLAM BUSTANUL ULUM PAKUSARI JEMBER TAHUN 2022

Authors

  • Leily Puspita Septiyanti Universitas PGRI Argopuro Jember
  • M. Iqbal Ibrahim Hamdani Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ilfiana Firzaq Arifin Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v4i2.1322

Keywords:

Pembelajaran Daring, Luring, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS

Abstract

Latar belakang dilakukan Penelitian ini karena adanya kendala yang dirasakan siswa kelas Siswa Kelas 8 di SMP Islam Bustanul Ulum Pakusari Jember dalam mata pelajaran IPS. Dibuktikan dengan data nilai UTS pelajaran IPS yang diperoleh siswa pada saat pembelajaran daring lebih rendah di bandingkan nilai uts siswa pada saat luring atau tatap muka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Pembelajaran luring dirasakan lebih efektid daripada pembelajaran dengan model daring. Kesimpulannya adalah bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode luring lebih tinggi dan lebih baik daripada hasil belajar daring.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.

Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & Nurhikmah. (2019). Belajar dan Pembelajaran. CV Cahaya Bintang Cemerlang.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi, Ed.). Pustaka Ilmu.

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha Cendekia.

Setiawan, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 45-56.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 321–334.

Gunawan, P. A. (2020). The Impact of Covid-19 Pandemic on Learning Implementation of Primary and Secondary School Levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 1(2), 50-66.

Indraningtyas, S., Dhamayanti, W., & Sastrosupadi, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Luring dan Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Metta School. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 105–113.

Jamalia. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Permainan Ular Tangga pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 104/IX Kedemangan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 100 – 105.

Kaharuddin. (2021). Kualitatif?: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium?: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–8.

Kristiono, Z. I., & Mustajab, A. (2021). Dampak Pembelajaran Luring di Masa Pandemi Trhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. The Journal of Social and Economic Education, 10(2), 284–293.

Liany, M. V., & Kristin, F. (2022). Keefektifan Pembelajaran Daring dan Luring Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 138–146.

Lutfiansyah, Y. M. A., & Sari, A. K. P. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring dan Luring di Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 6(2), 36–46.

Parni. (2020). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional, 3(2), 96–105.

Purwanto, A. R. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-21.

Putri, D. P. E. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring Saat Pandemi Covid 19. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 111–120.

Reseliana, A. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran Luring Dengan Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Sd Muhammadiyah 1 A Lebong [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno.

Rosdiana, W. R. (2021). Reaksi Psikologis Anak Belajar Daring (Online) pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Sumberejo 1 Purwosari Pasuruan. Jurnal Ilmu Keperawatan, 5(1), 1-21

Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(1), 14–17.

Siregar, K. S. (2021). Penerapan Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Luring yang Dilakukan Guru Kelas IV SD NEGERI 200511 Kota Padang Sidimpuan. Jurnal Education and Development, 9(3), 431–438.

Tumulo, T. I. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Inquiri Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 437–446.

Downloads

Published

2023-08-14