STUDI KASUS LATAR BELAKANG GURU MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN LUMAJANG

Authors

  • Muhamad Fuad amin Universitas PGRI Argopuro Jember
  • M. Iqbal Ibrahim Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ilfiana Firzaq Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v4i2.1252

Keywords:

Latar belakang Guru, kesiapan guru, dan pemahaman siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui latar belakang guru mata pelajaran sejarah  oleh guru  sejarah yang tidak sesuai dengan bidang nya. Pendekatan ini menggunakan rancangan studi kasus, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.  Subjek yang di pilih diantara nya guru  linier, guru non-linier , dan siswa. Metode yang di gunakan untuk menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian pada ketiga subjek dapat diketahui, (1) Latar belakang guru mata pelajaran sejarah, (2) Kesiapan guru  mata pelajaran sejarah, (3) Pengaruh Linieritas terhadap pemahaman siswa . dari ketiga subjek . Guru   yang sesuai dengan bidang yang diampunya lebih  cenderung siswa memahami dalam menyampaikan materi. Sedangkan guru yang tidak sesuai dengan bidang yang di ampunya  siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran sejarah.

References

Adhimah, Syifaul. 2020. “Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo).” Jurnal Pendidikan Anak.

Desriadi. n.d. “Peran Guru Kreatif Dalam Meningktakan Motivasi Belajar Akhlaq Akhlaq Siswa,”

Fahruddin, Zuhri. 2021. “Peran Guru Berlatarbelakang Pendidikan Berbeda Dalam Perkembangan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Asy-Syukriyyah

Masruri, Ahmad. 2019. “Linearitas Ijazah.” Pendidikan Islam

Qomariah, Rifatul. 2022. Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan November 2022.

Susilo, Agus, dan Sarkowi Sarkowi. 2018. “Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi.” Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah.

Tambusai, Jurnal Pendidikan. 2020. “Jurnal Pendidikan Tambusai Jurnal

Downloads

Published

2023-08-11