STUDI KASUS LATAR BELAKANG GURU MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN LUMAJANG
DOI:
https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v4i2.1252Keywords:
Latar belakang Guru, kesiapan guru, dan pemahaman siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang guru mata pelajaran sejarah oleh guru sejarah yang tidak sesuai dengan bidang nya. Pendekatan ini menggunakan rancangan studi kasus, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek yang di pilih diantara nya guru linier, guru non-linier , dan siswa. Metode yang di gunakan untuk menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian pada ketiga subjek dapat diketahui, (1) Latar belakang guru mata pelajaran sejarah, (2) Kesiapan guru mata pelajaran sejarah, (3) Pengaruh Linieritas terhadap pemahaman siswa . dari ketiga subjek . Guru yang sesuai dengan bidang yang diampunya lebih cenderung siswa memahami dalam menyampaikan materi. Sedangkan guru yang tidak sesuai dengan bidang yang di ampunya siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran sejarah.
References
Adhimah, Syifaul. 2020. “Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo).” Jurnal Pendidikan Anak.
Desriadi. n.d. “Peran Guru Kreatif Dalam Meningktakan Motivasi Belajar Akhlaq Akhlaq Siswa,”
Fahruddin, Zuhri. 2021. “Peran Guru Berlatarbelakang Pendidikan Berbeda Dalam Perkembangan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Asy-Syukriyyah
Masruri, Ahmad. 2019. “Linearitas Ijazah.” Pendidikan Islam
Qomariah, Rifatul. 2022. Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan November 2022.
Susilo, Agus, dan Sarkowi Sarkowi. 2018. “Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi.” Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah.
Tambusai, Jurnal Pendidikan. 2020. “Jurnal Pendidikan Tambusai Jurnal

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhamad Fuad amin, M. Iqbal Ibrahim , Ilfiana Firzaq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.