E-POSTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X IPS 1 DI SMAN 1 KENCONG
DOI:
https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v4i2.1243Keywords:
Media, Digital Poster, Historical awarenessAbstract
Abstrak
Keterlibatan perempuan menjadi biasa dan bukan masalah hanya demi untuk terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari. Perempuan ikut terlibat dalam perdagangan hasil tangkap ikan. Perempuan berbondong di tepian dermaga untuk mengambil ikan hasil tangkapan para nelayan laki laki yang umumnya adalah suami-suami nelayan perempuan. Dengan berbekal timbangan kecil para perempuan berkerumun di TPI pada dini hari, umumnya masyarakat pesisir menyebutnya Reng Timbengan. Aktifitas perdagangan pada dini hari terlihat sudah umum dalam masrakat di kalangan perempuan nelayan Pesisir Besuki. Mereka terlibat aktif untuk mempertahankan perekonomian keluarga dengan bentuk kerja sama yang sangat hebat. Tidak ada istilah tabu dalam peran ini, sebab meraka memahami bagaimana dapat bekerja dengan memperoleh hasil maksimal untuk kelangsungan hidup rumah tanggan nelayan tradisional. Kajian ini menarik menurut penulis sebab tidak semua wilayah pesisir memiliki keunikan dalam peran perempuan yang ikut terlibat dalam perdagangan ikan meski hanya dalam kapasitas yang kecil. Peran ekonomi rumah tangga nelayan yang sudah disepakati dengan tujuan untuk keberlangsungan ekonomi rumah tangga nelayan sederhana.
References
Abdullah, Abdurrahman Saleh. 2007. Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Azhar Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Dewey, Jhon. 2003. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Furchan, Arief. 2011. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
IKIP PGRI Jember. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jember: IKIP PGRI Jember
Musfiqon. 2011. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran.
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Remaja Rosdakarya : Bandung, 1995), h. 3)
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Rudi Susilana dan Cepi Riyana, Media Pembelajaran, (Bandung: PT CV Wacana Prima, 2009), h.1
Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi danKomunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya,Wina.2010. Perencanaan dan Desain Sisitem Pembelajaran. Jakarta: PT Kencana.
Sartono Kartodirdjo. (1989). “Fungsi Sejarah dalam Pembangunan Nasional”, dalam Historika No.1 Tahun I. Surakarta: Program Pasca Sarjana Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta KPK Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Sudjana & Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sudjana, Nana dan Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung :Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alvabeta.
Sugiyono. 2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabe
Suyatno Kartodirdjo. (2000). “Teori dan Metodologi Sejarah dalam Aplikasinya”, dalam Historika, No.11 Tahun XII. Surakarta: Program Pasca Sarjana Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta KPK Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wiji Astutik, Ilfiana Firzaq Arifin, M. Iqbal Ibrahim Hamdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.