Peran Mata Pelajaran PPKn Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Tentang Tata Tertib Lalu-Lintas Pada Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyyah 02 Wuluhan Kabupaten Jember Tahun 2025

Authors

  • fahrul rozi Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nova Eko Hidayanto Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Peni Catur Renaningtyas Universitas PGRI Argopuro Jember

Keywords:

Kesadaran hukum, berlalu lintas, PPKn, konstruktivisme, siswa SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kesadaran hukum siswa dalam berlalu lintas setelah mendapatkan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA Muhammadiyah 02 Wuluhan. Fokus penelitian ini adalah mengamati perilaku siswa dalam menggunakan helm saat berkendara ke sekolah, serta pemahaman mereka terkait aturan lalu lintas seperti kewajiban memiliki SIM dan mentaati rambu lalu lintas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata pelajaran PPKn sangat berperan penting dalam meningkatkan kesadaran hukum tentang tata tertib lalu lintas pada siswa, setelah siswa mendapatkan materi tentang hukum dan peraturan lalu lintas dalam mata pelajaran PPKn, terdapat peningkatan kesadaran yang ditunjukkan dengan meningkatnya penggunaan helm dan adanya niat dari siswa untuk segera membuat SIM. Strategi pembelajaran yang digunakan guru, seperti ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan studi kasus, terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa. Temuan ini diperkuat dengan teori konstruktivisme dari Jean Piaget dan Lev Vygotsky, yang menekankan bahwa siswa membangun pemahaman melalui interaksi sosial dan pengalaman nyata.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

rozi, fahrul, Eko Hidayanto, N., & Renaningtyas, P. C. (2025). Peran Mata Pelajaran PPKn Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Tentang Tata Tertib Lalu-Lintas Pada Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyyah 02 Wuluhan Kabupaten Jember Tahun 2025. JELCi (Journal of Education, Law, and Citizenship), 3(1), 42–52. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jelcie/article/view/2608

Issue

Section

Articles