Peran Guru PPKn Dalam Mengimplementasikan Media Kahoot! Untuk Meningkatkan Interaksi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Locare Curahdami Bondowoso

Authors

  • Sindy
  • Nova Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Peni Catur Renaningtyas Universitas PGRI Argopuro Jember

Keywords:

Guru PPKn, Kahoot!, Interaksi Belajar

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi aspek krusial untuk menciptakan lingkungan belajar yang menarik, interaktif, dan tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran guru PPKn dalam menerapkan media Kahoot! sebagai sarana untuk meningkatkan interaksi belajar siswa, serta mengungkap faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya di MA Bustanul Ulum. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa guru PPKn berperan aktif sebagai fasilitator sekaligus inovator dalam merancang serta mengimplementasikan pembelajaran berbasis Kahoot!. Guru menyusun pertanyaan kuis yang sesuai dengan kompetensi dasar, membimbing siswa dalam penggunaan aplikasi, serta memanfaatkan hasil kuis sebagai alat evaluasi. Faktor yang mendukung penggunaan Kahoot! meliputi kebijakan sekolah yang memperbolehkan penggunaan smartphone serta dukungan dari kepala madrasah. Sementara itu, tantangan yang dihadapi mencakup keterbatasan jaringan internet, perangkat siswa yang belum memadai, serta rendahnya kemampuan teknologi pada sebagian siswa. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa keterlibatan guru dalam penggunaan Kahoot! mampu menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sindy, Eko Hidayanto, N., & Renaningtyas, P. C. (2025). Peran Guru PPKn Dalam Mengimplementasikan Media Kahoot! Untuk Meningkatkan Interaksi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Locare Curahdami Bondowoso. JELCi (Journal of Education, Law, and Citizenship), 3(1), 1–13. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/jelcie/article/view/2605

Issue

Section

Articles