Penanaman Nilai Karakter Mata Pelajaran PPKn Dalam Mengatasi Degradasi Moral Pada Siswa Kelas X SMK Nurul Falah Kabupaten Bondowoso Tahun 2024
Keywords:
nilai karakter, mata pelajaran ppkn, degradasi moralAbstract
ak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran ppkn dalam mengatasi degradasi moral pada siswa kelas x. 1. Apa saja nilai-nilai karakter pada mata pelajaran PPKn dalam mengatasi degradasi moral pada siswa kelas x di SMK. 2. Bagaimana implementasi nilai-nilai karakter mata pelaaran PPKn pada siswa kelas X SMK . penelitian ini melibatkan guru mata pelajaran ppkn, kepala sekolah, guru BK, dan wali kelas Penelitian yang akan di lakukan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi.Fenomenologi merupakan suatu penelitian study kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian, Nilai-nilai karakter utama yang diajarkan melalui mata pelajaran PPKn untuk mengatasi degradasi moral siswa kelas X SMK Nurul Falah adalah gotong royong, empati, kedisiplinan, tanggung jawab, dan peduli sesama. Nilai-nilai ini diupayakan untuk ditumbuh kembangkan pada diri siswa melalui berbagai metode pembelajaran di dalam kelas. Gotong royong diajarkan dengan memberikan tugas kelompok kepada siswa, sehingga siswa dapat belajar bekerjasama dan saling membantu. Empati ditumbuhkan dengan memberikan contoh-contoh perilaku peduli terhadap teman, misalnya dengan membantu teman yang kesulitan.Penanaman nilai karakter pada siswa telah di lakukan oleh guru PPKn dengan peng-implementasian tugas individu.